6 Fakta yang Wajib Diketahui Tentang Makam Nabi Muhammad SAW

  • Arry
  • 5 Sep 2021 06:07
Lokasi makam Nabi Muhammad SAW dan 2 sahabatnya(saudigazette/saudigazette)

Makam Nabi Muhammad SAW merupakan salah satu tempat paling populer untuk dikunjungi umat Islam. Jemaah haji maupun umroh pasti menyempatkan diri datang berziarah.

Dikutip dari Hajj dan Umrah Planner, disebutkan, Nabi Muhammad SAW dimakamkan di sebuah kamar yang dulu ditempati Rasulullah dan istrinya, Aisyah. Di situlah tempat Rasulullah sakit hingga wafat dan dimakamkan.

Kini tempat tersebut dinamai Kamar Suci. Rasulullah dimakamkan bersama dengan dua sahabatnya yang paling setia, Abu Bakar as-Siddiq dan Umar bin Khattab. Kini lokasi makam Rasulullah dan dua sahabatnya itu berada di kompleks Masjid Nabari.

Sebelum diperluas, makan Nabi Muhammad SAW dinamakan Masqurah. Namun, setelah Masjid Nabawi diperluas, makam tersebut masuk dalam kompleks bangunan masjid.

Ini 6 fakta yang harus diketahui dari makam Nabi Muhammad SAW, seperti dikutip dari laman About Islam:

1. Pagar Emas
Makam Rasulullah dibatasi pagar tinggi berwarna keemasan berhias kaligrafi. Pagar ini berada di sisi depan dari kamar Rasulullah.

2. Rumah Siti Aisyah
Dahulunya, makam Nabi Muhammad SAW merupakan rumah Aisyah. Di sinilah Rasulullah tinggal. Dan di sinilah tempat Rasulullah sakit hingga wafat.

3. Tiga Lubang di Pembatas Emas
Ada tiga lubang untuk mengintip ke dalam ruangan Kamar Suci itu. Lubang terbesar ada di sebelah kiri menghadap lurus makam Nabi Muhammad SAW. Namun makam Rasulullah tidak terlihat dari lubang ini. Lubang tengah menghadap makam Abu Bakar dan lubang sebelah kanan menghadap makam Umar.

4. Makam dikelilingi tembok
Makam Rasulullah sangat tertutup dari luar. Kamar Suci dikelilingi tembok yang dibangun Umar bin Abdul Aziz pada 91 Hijriyah. Dinding ruangan terbuat dari batu hitam. Atapnya memiliki kubah kecil yang disebut Qubbat an-Nur.

5. Penambahan Dinding tambahan
Akibat insiden orang Nasrani yang ingin menggali makam Rasulullah pada 1164 M atau 554 H, Sultan Nuruddin Zengi membangun tembok tebal di sekitar kuburan.

6. Nabi Muhammad dimakamkan tepat di tempat Beliau meninggal
Lokasi makam Nabi Muhammad SAW adalah tepat di bawah tempat tidur dimana Beliau meninggal dunia.

Sempat ada perdebatan di antara sahabat soal lokasi pemakaman Rasulullah. Ada yang mengusulkan di mimbar Nabi SAW berkhotbah atau di tempat Rasulullah menjadi imam sholat. Hingga ada yang mengusulkan Rasulullah dimakamkan di Baqi', tempat pemakaman keluarga dan sahabat Nabi SAW dimakamkan.

Namun, Abu Bakar menengahi dan berkata, dia pernah mendengar Rasulullah bersabda, "Seorang Nabi tidak pernah dikuburkan di tempat lain selain tempat di mana dia meninggal."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait