Niat Puasa Ramadan, Inilah Waktu yang Tepat Membacanya

  • Arry
  • 28 Mar 2023 09:11
Ilustrasi Niat Puasa Ramadan(@masjidmpd/unsplash)

Niat puasa Ramadan adalah salah satu rukun yang wajib dilakukan setiap Muslim yang hendak berpuasa. Simak tata cara niat puasa baik puasa wajib maupun sunnah.

Untuk puasa wajib, seperti puasa Ramadan, Qada, dan Nazar, setiap Muslim harus berniat di malam hari sebelum terbit fajar. Namun, untuk puasa sunnah, niat bisa dilakukan saat siang harinya atau saat berpuasa.

Melansir laman MUI, dalam Mazhab Syafi’i, niat puasa Ramadan harus dilakukan setiap hari pada malam hari. Syekh Sulaiman Al-Bujairimi dalam karyanya, Hasyiyatul Iqna’, menjelaskan sebagai berikut:

“Disyaratkan berniat di malam hari bagi puasa wajib seperti puasa Ramadhan, puasa qadha, atau puasa nadzar. Ini berdasarkan hadis Rasulullah SAW, ‘Siapa yang tidak berniat di malam hari sebelum fajar, maka tiada puasa baginya.’ Karenanya, harus niat puasa di setiap hari (bulan Ramadan) jika melihat redaksi zahir hadits.” (Sulaiman Al-Bujairimi, Hasyiyatul Iqna’, juz 2)

Baca juga
Niat Puasa Ramadan Untuk 1 Bulan Penuh dan Niat Harian

Namun menurut Mazhab Maliki, kita cukup niat puasa untuk sebulan penuh pada malam pertama Ramadhan. Sehingga tidak perlu memperbarui niat di setiap harinya, dengan alasan puasa Ramadhan itu merupakan satu kesatuan ibadah. (Yusuf Al-Qaradlawi, Fiqh al-Shiyam, hal. 84)

Mana yang dipakai, apakah berniat puasa setiap hari atau langsung satu bulan penuh, bisa dilakukan semuanya. Kita bisa mengikuti pendapat Imam Malik berniat puasa sebulan penuh untuk antisipasi jika kita lupa.

Berdasarkan pendapat Mazhab Syafii, kita juga harus membiasakan diri untuk selalu berniat puasa di setiap malam bulan Ramadhan. Biasanya ini dilakukan setiap selesai shalat tarawih atau ketika makan sahur.

Adapun bacaan niat puasa Ramadhan, sebagai berikut:

Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’i fardhi syahri Ramadhana hadzihis sanati lillahi ta’ala.

Artinya: “Aku niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban puasa bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta’ala”

Sementara niat puasa untuk satu bulan penuh, sebagai berikut

Nawaitu shauma jami’i syahri ramadhani hadzihis sanati fardhan lillahi ta’ala.

Artinya: “Aku niat berpuasa di sepanjang bulan Ramadhan tahun ini dengan mengikuti pendapat Imam Malik, wajib karena Allah Ta’ala.” (Shafira Amalia, ed: Nashih)

Demkian niat puasa Ramadan dan tata cara serta bacaan lengkapnya.

Artikel lainnya: 4 Fakta Unik Surat Al-Baqarah: Surat Terpanjang yang Mengandung Ayat Paling Agung

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait