4 Fakta Unik Surat Al-Baqarah: Surat Terpanjang yang Mengandung Ayat Paling Agung

  • Arry
  • 27 Mar 2023 14:12
Amalan Puasa Arafah 2021 baca alquran dan makan kurma(Abdullah Arif/unsplash)

Surat Al-Baqarah merupakan surat kedua dalam mushaf Al-Qur'an. Surat ini cukup unik. Mulai dari ayat pembuka, jumlah ayat, hingga kandungan dalam surat ini.

Al-Baqarah berarti Sapi Betina. Surat ini diturunkan di Kota Madinah, sehingga disebut surat Madaniyah.

Meski demikian, ada satu ayat dalam surat Al-Baqarah yang tidak turun di Madinah, tetapi di Kota Mina. Yakni ayat 281. Ayat tersebut diturunkan khusus Allah SWT dalam rangka haji Wada, ibadah haji terakhir yang dijalankan Nabi Muhammad SAW.

Berikut 4 fakta unik dari surat Al-Baqarah:

1. Surat Terpanjang dalam Al-Qur'an

Surat Al-Baqarah terdiri dari 286 ayat. Surat ini adalah surat terpanjang dalam Al-Qur'an.

Pada ayat permulaan, hanya terdiri dari 3 huruf saja, yakni Alif, Lam, dan Mim. Dan sampai saat ini para ulama tidak mengetahui makna dari tiga ayat pembuka dari Surat Al-Baqarah tersebut.

Dalam ayat selanjutnya dijelaskan tentang kitab Al-Qur'an dan orang-orang yang beriman kepadanya.

2. Terkandung ayat paling agung

Dari 286 ayat dalam Surat Al-Baqarah, terdaat satu ayat yang dimuliakan, yakni ayat kursi. Ayat kursi ini terdapat pada ayat ke-255.

Imam Ibnu Katsir dalam tafsirnya mengatakan, dinamakan ayat kursi karena ayat ini memiliki kedudukan yang besar. Dalam sebuah hadits sahih, disebutkan bahwa ayat kursi merupakan ayat yang paling utama dalam Kitabullah.

"Telah menceritakan kepada kami Abdur Razzaq, telah menceritakan kepada kami Sufyan, dari Sa'id Al-Jariri dari Abus Salil dari Abdullah Ibnu Rabah dari Ubay ibnu Ka'b bahwa Nabi SAW pernah bertanya kepadanya, Ayat Kitabullah manakah yang paling agung? Ubay menjawab, "Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui."

Nabi SAW mengulang-ulang pertanyaannya, maka Ubay menjawab, "Ayat Kursi." Lalu Nabi SAW bersabda: Selamatlah dengan ilmu yang kamu miliki, hai Abdul Munzir. Demi Tuhan yang jiwaku berada di dalam genggaman kekuasaan-Nya, sesungguhnya Ayat Kursi itu mempunyai lisan dan sepanjang bibir yang selalu menyucikan Tuhan Yang Mahakuasa di dekat pilar Arasy." (HR. Ahmad)

3. Dua Ayat Terakhirnya mujarab

Diriwayatkan dalam shahih Muslim, Abu Mas'ud RA mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

"Barangsiapa membaca dua ayat di akhir surat Al Baqarah dalam satu malam, maka cukuplah dua ayat tersebut sebagai penyebab perlindungan Allah kepadanya." (HR. Muslim)

Dua ayat ini biasanya selalu dipanjatkan sebagai doa penutup sebelum tidur.

4. Fustatul Quran

Surat Al-Baqarah juga memiliki sebutan sebagai Fustatul Quran atau Puncak Al Quran. Hal ini lantaran surat ini menjelaskan berbagai hukum yang tidak dijelaskan dalam surat lain.

Artikel lainnya: Marak Warga Borong Oralit Cegah Dehidrasi Saat Puasa, Ini Penjelasan IDI

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait