Aksi Qoriah Nadia Disawer Saat Mengaji Dikecam, MUI: Perbuatan Haram

  • Arry
  • 6 Jan 2023 10:13
Qoriah Ustazah Nadia Hawasy disawer saat mengaji tuai kecaman(ist/istimewa)

Sebuah video qoriah internasional Ustazah Nadia Hawasy disawer saat mengaji dalam suatu acara di Tangerang viral di media sosial. Aksi tersebut pun dikecam Majelis Ulama Indonesia atau MUI.

Dalam video tersebut menampilkan saat qori Ustazah Nadia sedang dudung memegang mikrofon dan tengah melantunkan ayat suci Al-Qur'an. Tak lama hadir dua pria di sebelah qoria tersebut.

Sambil berdiri, dua pria itu menyawerkan uang di atas kepala ustzah. Bahkan salah satunya sempat menyelipkan uang di kerudung ustazah Nadia.

Video ini kemudian membuat banyak kecaman. Ustazah Nadia Hawasy memberikan klarifikasi terkait peristiwa tersebut.

"Assalamualaikum Ustd. Saya juga merasa tidak dihargai ustd, karna saya posisinya lagi lagi ngaji tidak mungkin mau marah-marah di atas panggung," tulisnya.

Klarifikasi Ustazah Nadia Hawasy

"Pada saat disawer itu saya memang marah dan kesal sekali," ucapnya. Ustazah Nadia juga mengaku kecewa terhadap panitia yang terkesan tidak menghargainya saat membaca Al-Qur'an.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Dakwah dan Ukhuwah, KH Cholil Nafis, turut berkomentar terkait peristiwa viral tersebut.

"Ini cara yang salah dan tak menghormati majelis. Perbuatan haram dan melanggar nilai-nilai kesopanan. Hentikan acara dan perbuatan seperti ini," kata Cholil lewat akun Twitter, @cholilnafis, dikutip Jumat, 6 Januari 2023.

Tanggapan MUI

"Mohon ulama dan tokoh masyarakat menolak ini dan jangan menganggap ini tradisi yang baik. Jelas cara ini bertentangan dengan ayat-ayat yang dibaca qori’ah," kata Cholil.
 
"Harus dilarang oleh panitia, dan qariah mengambil tindakan berhenti membaca sebagai protes, bahkan keluarganya bisa mencegahnya," ujar Cholil.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait