8 Tanda Kiamat Hari Akhir

  • Arry
  • 7 Sep 2021 05:13
Ilustrasi(TBIT/pixabay)

Tidak ada yang mengetahui kapan terjadinya kiamat. Namun, sebagai umat Islam, wajib mempercayai adanya hari akhir itu.

Hari akhir atau al-yaumul akhir merupakan hari terakhir kehidupan di dunia. Tidak ada lagi kehidupan di dunia setelahnya.

Hari kiamat atau yaumul qiyamah diartikan hari kebangkitan. Pada saat itu, semua manusia akan dibangkitkan dari alam kubur, seperti dalam firman Allah yang artinya:

“Dan sesungguhnya hari kiamat itu pastilah datang, tak ada keraguan padanya; dan bahwasanya Allah membangkitkan semua orang di dalam kubur.” (QS. Al Hajj ayat 7).

Ada 8 peristiwa yang akan menjadi petunjuk datangnya hari kiamat itu. Berikut 8 tanda-tanda kiamat seperti dikutip dari video Youtube ceramah Ustaz Khalid Zeed Abdullah Basalamah:

1. Keluarnya dajjal
Dajjal memiliki arti kekacauan. Dajjal ini diperkirakan keluar dari negeri Persia.

Ustaz Khalid menjelaskan, saat dajjal sudah turun, maka dajjal akan membuat kerusakan di muka bumi selama 40 hari. Rasulullah SAW pernah menjelaskan, dalam 40 hari itu, satu hari pertama akan berasa seperti satu tahun, kemudian hari kedua layaknya satu bulan, hari ketiga seperti satu minggu, dan selanjutnya sama seperti hari biasanya.

2. Keluarnya Imam Mahdi
Setelah Dajjal keluar, maka akan turun Imam Mahdi. Dia disebut akan memimpin jihad untuk mengejar dajjal ketika sudah sampai Palestina.

3. Turunnya Nabi Isa AS
Setelah Imam Mahdi dan pasukannya sampai Damaskus, mereka akan melakukan sholat Ashar berjemaah yang dipimpin langsung Imam Mahdi. Ustaz Khalid menjelaskan, sebelum Imam Mahdi dan pasukannya menggelar sholat Ashar, Nabi Isa AS akan turun ke bumi.

Nabi Isa AS akan turun dengan memegang kedua sayap malaikat. Selain itu, rambut Nabi Isa juga terlihat basah dan hingga airnya menetes ke bumi. "Saat itu semua muslim menyaksikan" ujar Ustad khalid basalamah.

Setelah itu, Nabi Isa juga langsung berburu dajjal dan kemudian membunuhnya. Menurut ustaz Khalid, setelah dajjal terbunuh, para pengikutnya akan berlarian dan bersembunyi di balik pohon dan batu.

4. Keluarnya Yajuj dan majuj
Pada saat itu akan keluar makhluk yang bernama Yajuj dan Majuj. Nabi Muhammad SAW menyebutkan ciri-ciri mereka adalah mata terlihat sipit namun bola mata mereka besar dan mereka memiliki postur tubuh seperti manusia.

Seperti firman Allah SWT yang artinya: “Hingga apabila dibukakan (tembok) Ya’juj dan Ma’juj, dan mereka turun dengan cepat dari seluruh tempat yang tinggi. Dan telah dekatlah kedatangan janji yang benar (hari berbangkit), maka tiba-tiba terbelalaklah mata orang-orang yang kafir. (Mereka berkata): “Aduhai, celakalah kami, sesungguhnya kami adalah dalam kelalaian tentang ini, bahkan kami adalah orang-orang yang zalim.” (QS. Al Anbiya’: 96-97).

5. Keluarnya binatang melata
Ustaz Khalid menjelaskan, saat itu pula akan keluar binatang melata yang dapat berkomunikasi seperti manusia. Hadits Bukhori menjelaskan, binatang itu akan mendatangi orang-orang yang kembali kufur setelah wafatnya Nabi Isa AS.

6. Keluarnya api dari Kota Aden, Yaman
Ustaz Khalid menambahkan, tanda-tanda selanjutnya adalah keluarnya api dari Kota Aden. "Subhanallah baru tadi malam saya melihat di YouTube, sebuah penelitian yang menunjukan, di bawah kota Aden terdapat api yang cukup panas, dan api itu bisa keluar setiap saat dan bisa membakar siapa pun" sambung ustad khalid.

7. Munculnya tiga gerhana
Tanda-tanda selanjutnya adalah munculnya gerhana di tiga bagian bumi yakni di timur, barat, dan jazirah Arab. Tak hanya gerhana, pada saat itu juuga datang berbagai bencana seperti gempa besar, tanah longsor, dan amblasnya bumi.

8. Tanda terakhir, matahari terbit dari sebelah barat
"Ini adalah tanda-tanda yang terakhir. Maka seperti kata Rasulullah, Taubat akan diterima sebelum matahari terbit dari tempat terbenamnya," jelas ustaz Khalid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait