7 Kuliner Khas Lebaran yang Paling Ditunggu di Hari Raya Idulfitri

  • Arry
  • 14 Apr 2023 16:07
Kuliner khas Lebaran(ist/ist)

Hari Raya Idulfitri adalah hari yang dinantikan semua umat muslim usai berpuasa selama satu bulan penuh di bulan Ramadan. Salah satu momen yang dinanti adalah menikmati makanan lebaran yang menggugah selera.

Kuliner Lebaran tak lepas dari ketupat atau lontong yang disajikan dengan beragam menu. Berikut 7 menu khas Lebaran yang biasa disajikan:

1. Ketupat atau lontong

Ketupat atau lontong adalah hidangan utama kuliner Hari Raya Idulfitri. Hidangan ini terbuat dari beras yang dimasak dalam anyaman daun kelapa muda ataupun dibalut daun pisang.

2. Opor ayam

Opor ayam juga merupakan makanan wajib saat lebaran. Kuliner ini terbuat dari ayam yang dimasak dengan santan dan bumbu rempah. Opor ayam sangat nikmat disantap bersama ketupat atau lontong dengan ditabur bawang goreng di atasnya.

3. Rendang

Kuliner khas Minang ini juga kerap disajikan di saat Hari Raya Idulfitri. Kuliner ini memiliki bahan daging yang diolah dengan santan kelapa dengan bumbu khas lainnya.

4. Sambal goreng ati

Sambal goreng ati juga merupakan menu yang wajib ada di meja saat Lebaran Idulfitri. Kuliner ini terbuat dari atu ayam, kentang, santan, dan rempah lainnya.

5. Sayur Lodeh

Saat Lebaran, ada pula yang mengolah sayur lodeh. Sayur ini nikmat disantap bersama dengan lontong, rendang, opor ayam, dan sambal goreng ati.

6. Semur daging

Selain rendang, semur daging juga sering disajikan saat lebaran, khususnya masyarakat di Jaarta. Biasanya semur daging ini berisi daging sapi, telur, dan potongan kentang.

7. Kentang Mustofa

Kuliner khas lebaran satu ini juga menjadi favorit. Kentang mustofa terbuat dari parutan kentang yang diolah dengan bumbu balado yang gurih dan lezat.

Demikian 7 kuliner khas Lebaran Idulfitri kerap disajikan di meja makan.

Artikel lainnya: 5 Amalan Malam Lailatul Qadar yang Diajarkan Rasulullah SAW

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait