5 Cara Mudah Cek Telur Masih Segar Atau Sudah Busuk

  • Arry
  • 15 Mei 2023 17:00
Ilustrasi telur ayam(@@foodiesfeed/unsplash)

Telur merupakan salah satu bahan makanan yang selalu tersedia di rumah. Telur bisa diolah menjadi berbagai macam makanan. Baik dicampur dengan makanan lain maupun diolah tersendiri.

Namun, terkadang kita lupa sudah berapa lama telur tersimpan di dalam kulkas. Sehingga saat kita hendak menggunakannya telur tersebut sudah busuk.

Lalu bagaimana cara membedakan telur yang masih segar dengan yang sudah busuk?

Melansir laman happyfresh, berikut 5 cara membedakan telur busuk atau segar:

1. Perhatikan tanggal kedaluwarsa

Jika membeli telur di supermarket, perhatikan tanggal kedaluarsa yang tertera pada kemasan telur. Tanggal kedaluarsa telur biasanya memiliki waktu 30 hari setelah pengemasan.

2. Telur busuk keluarkan aroma tak sedap

Tips kedua ini merupakan cara lama, simpel, dan tercepat yang bisa kamu lakukan untuk memeriksa kesegaran telur. Telur yang busuk biasanya akan mengeluarkan aroma tak sedap baik saat dalam keadaan mentah atau saat sedang dimasak.

3. Masukkan ke air

Teknik merendam telur dalam air menjadi cara lain untuk memeriksa telur. Jika telur tenggelam dengan posisi tertidur berarti kamu masih bisa mengolahnya. Namun, bila telur langsung mengapung saat dimasukkan ke dalam air, hal ini menunjukkan telur sudah nggak segar lagi.

4. Periksa dengan menggunakan senter

Cara ini terdengar unik ya? Tapi kamu pasti bisa segera mengetahui apabila telur sudah tak lagi untuk dikonsumsi. Jika bagian dalam telur terlihat terang saat disorot lampu berarti sumber protein ini masih segar. Namun, jika warnanya sudah terlihat buram, lebih baik kamu segera membuang telur tersebut.

5. Periksa cangkang telur

Jika kamu melihat cangkang telur sedikit lengket dan terdapat bercak putih sebaiknya jangan diambil. Pasalnya, bercak tersebut bisa menjadi indikasi jika telur tersebut sudah berjamur.

Artikel lainnya: Daftar Merek Mobil yang Bakal Dilarang Minum Pertalite, Kapan Berlakunya?

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait