6 Cara Mudah Menghilangkan Bau Busuk dari Saluran Pembuangan Air

  • Arry
  • 23 Mei 2023 16:23
Cara menghilangkan bau busuk di saluran pembuangan air(ist/ist)

Saluran pembuangan air di rumah terkadang mengeluarkan bau busuk. Padalah, lokasi pembuangan tersebut terlihat bersih.

Melansir dari Express, bau busuk tersebut bisa berasal dari sisa makanan hingga kotoran yang menumpuk di pipa. Jika terus dibiarkan, maka sampah tersebut akan mengeluarkan bau yang tak sedap.

Lalu bagaimana cara menghilangkan bau busuk di saluran pembuangan air seperti di westafel, tempat cuci piring, maupun kamar mandi? Simak cara mudah menghilangkan bau busuk di pembuangan air:

1. Air mendidih

Untuk menghilangkan bau busuk tersebut bisa menggunakan air panas. Tuangkan air panas tersebut ke lubang saluran pembuangan air. Lakukan teratur beberapa kali dalam seminggu.

2. Gunakan soda kue, cuka, dan air mendidih

Anda juga bisa mencampur soda kue, cuka dengan air mendidih untuk membersihkan saluran pembuangan air. Caranya, campur 16 sendok makan soda kue dan 32 sendok makan cuka. Kemudian, tuangkan air mendidih ke campuran tersebut. Siramkan ke saluran pembuangan.

Semakin panas air yang digunakan, maka akan semakin banyak membuat bakteri mati.

3. Garam

Anda juga bisa mencampurkan garam bersama dengan soda kue dan cuka. Caranya, tuangkan 8 sdm garam kasar, 8 sdm soda kue, dan 16 sdm cuka ke saluran pembuangan secara berurutan.

Setelah itu, tutup saluran pembuangan air selama 30 detik. Terakhir siram saluran air itu dengan air mendidih.

4. Air lemon

Cara selanjutnya adalah anda bisa mencampurkan soda kue dan air lemon. Cara ini bisa membuat saluran pembuangan air menjadi lebih harum.

5. Sabun cuci piring

Cara menghilangkan bau busuk lainnya adalah dengan meneteskan sabun cuci piring ke saluran westafel. Kemudian siram dengan air panas.

6. Cek pipa pembuangan

Selain menggunakan bahan-bahan di atas, Anda juga bisa mengecek pipa pembuangan air. Permasalahan biasanya terjadi pada P-trap atau bagian pipa yang melengkung yang biasanya menjadi tempat bagi kotoran mengendap.

Artikel lainnya: Terbukti KDRT Artis Venna Melinda, Ferry Irawan Divonis 1 Tahun Penjara

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait