4 Cara Mudah Hilangkan Bau Tak Sedap di Mobil

  • Arry
  • 4 Jun 2023 14:49
Kabin mobil(Ildar Garifullin/unsplash)

Bau tak sedap yang menempel di dalam kabin mobil sangat menyebalkan. Bau tak sedap itu akan membuat berkendara menjadi tidak nyaman.

Bau tak sedap di dalam mobil itu bisa karena kita merokok atau akibat dari asap rokok dari luar mobil.

Melansir lamam Pertamina, berikut cara mudah menghilangkan bau rokok di dalam mobil:

1. Buang Seluruh Sampah di Mobil

Beberapa pemilik mobil menaruh tong sampah berukuran kecil di dalam mobil. Jika pemilik mobil tersebut merokok di dalam mobil dan membuang sampah puntung ke dalam tong sampah tersebut, maka akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Oleh karena itu, sebaiknya selalu buang sampah yang ada di dalam mobil setiap hari.

Jika seluuruh sampah sudah dibuang, maka Anda dapat membersihkan interior mobil menggunakan cairan pembersih khusus mobil. Anda bisa membersihkan bagian jok, karpet, hingga atap kabin mobil agar bau dari asap rokok yang menempel bisa hilang.

2. Pakai Penghilang Bau Berbahan Enzim

Jika Anda sudah membuang seluruh sampah dan sudah membersihkannya tapi bau tak sedap tidak hilang, maka Anda bisa menggunakan penghilang bau berbahan enzim. Produk ini sudah cukup banyak dijual di pasaran, namun harganya cukup tinggi.

3. Bersihkan Sistem Sirkulasi Udara Mobil Anda

Bau asap rokok tidak hanya bisa tertinggal atau menempel pada bagian kabin mobil saja. Bisa juga sudah masuk ke dalam sistem sirkulasi udara. Kalau sudah begini, maka Anda harus membersihkannya juga.

Untuk menghilangkan bau asap rokok dalam sistem sirkulasi udara mobil, Anda bisa memarkirkan mobil di tempat terbuka. Kemudian tetap nyalakan mesin mobil dengan keadaan pintu terbuka semuanya. Tunggu beberapa menit, maka bau rokok yang tidak sedap bisa keluar dari dalam kabin. Sirkulasi juga bisa bersumber dari AC mobil. Pastikan tidak ada bau tidak sedap di dalam mobil saat AC nyala.

4. Memakai Bahan Alami

Selain cara-cara di atas, Anda juga bisa menggunakan bahan alami yang cukup mudah temukan. Bisa dengan bubuk kopi, kulit jeruk, teh celup, cuka, arang, ataupun baking soda. Masing-masing bahan memiliki cara penggunaan berbeda.

Untuk bubuk kopi, kulit jeruk, cuka dan teh celup, Anda tinggal menaruhnya di dalam kabin mobil. Bisa diletakkan dalam mangkuk atau khusus untuk teh celup, bisa digantungkan pada bagian lampu spion tengah.

Untuk baking soda, Anda bisa menaburkannya ke bagian karpet penumpang, bawah dashboard, hingga bawah jok. Diamkan selama beberapa saat. Namun untuk proses pembersihannya, disarankan menggunakan vacuum cleaner karena lebih memudahkan. Bahan-bahan alami juga dapat berfungsi sebagai cara menghilangkan bau karpet mobil.

Bagaimana dengan arang? Potong arang dalam ukuran kecil, lalu taruh di beberapa sudut tersembunyi mobil. Diamkan selama beberapa hari untuk mendapatkan efek maksimal. Cara ini terhitung awet walaupun memakan waktu cukup lama.

Artikel lainnya: Resep Semur Telur Ceplok Ala Warteg, Nikmat dan Praktis Membuatnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait