Usai Santap Sate Kambing, Minum 5 Minuman Sehat Ini Untuk Lunturkan Kolesterol

  • Arry
  • 29 Jun 2023 16:01
Ilustrasi minuman(@smallcamerabigpictures/unsplash)

Hari Raya Idul Adha menjadi momen untuk menyantap daging kurban seperti sapi dan kambing. Namun, harus diperhatikan, karena jika terlalu banyak menyantap makanan tersebut kolesterol bisa mengamuk.

Ketika kadar kolesterol dalam darah tinggi, dapat menimbulkan sejumlah penyakit berbahaya seperti stroke dan jantung.

Untuk menghindari naiknya kadar kolesterol, ada sejumlah minuman sehat dan nikmat yang dapat menurunkan kolesterol dalam darah.

Melansir laman bjb, berikut jenis minuman yang dapat melunturkan kolesterol:

1. Susu kedelai

Banyak yang belum tahu jika dalam kacang kedelai mengandung lemak jenuh yang rendah. Maka dari itu, susu kedelai sangat cocok untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah Anda.

Ada baiknya Anda mengganti produk krim atau susu berlemak tinggi dengan susu kedelai. Anda disarankan untuk meminum 250 ml susu kedelai setiap hari, untuk mengurangi kadar kolesterol.

2. Teh hijau

Kandungan katekin dan senyawa antioksidan dalam teh hijau, memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol. Selain teh hijau, Anda juga dapat meminum teh hitam untuk menurunkan kolesterol di tubuh.

3. Air kelapa

Selain menyegarkan, salah satu manfaat dari air kelapa adalah mampu menurunkan kadar kolesterol. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa apabila mengonsumsi air kelapa secara rutin, mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

4. Teh jahe

Minuman selanjutnya yang mampu menurunkan kadar kolesterol adalah teh jahe. Sebab, jahe bermanfaat untuk mengaktifkan enzim yang dapat meningkatkan penggunaan kolesterol dalam tubuh. Sehingga kadar kolesterol dalam darah menjadi turun.

Selain itu, dengan mengonsumsi teh jahe juga mampu menurunkan trigliserida, kolesterol LDl, hingga kolesterol total.

5. Jus jeruk

Minuman penurun kolesterol terakhir adalah jus jeruk. Buah jeruk kaya akan antioksidan dan berbagai nutrisi yang bisa membantu menurunkan kolesterol tinggi.

Menurut penelitian, 100 persen air jeruk dapat menurunkan kadar kolesterol total dan LDL serta meningkatkan kolesterol HDL atau kolesterol baik.

Artikel lainnya: Heboh Rumput Stadion GBK Rusak Usai Acara PDIP, PPKGBK Pastikan Gelar Persija vs PSM

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait