Tips dari Maling Motor Agar Vario dan BeAT Anda Tak Jadi Sasaran Curanmor

  • Arry
  • 4 Agt 2023 20:13
Aksi pencurian motor alias curanmor terekam CCTV(ist/ist)

Aksi maling motor terus merajalela. Mereka seperti tak membiarkan korbannya meninggalkan motor di tempat yang sepi. Pelaku pencurian motor alias curanmor ini pun memiliki motor favorit untuk dicuri seperti Vario, BeAT, hingga Scoopy.

Aksi curanmor ini dibongkar oleh Polsek Tambora, Jakarta Barat. Jaringan curanmor ini memiliki 13 anggota yang dikepalai Uay alias si Kentung. Sosok bos besar ini berperan sebagai pemesan motor curian di Lampung.

Salah satu pelaku curanmor mengungkapkan tips agar sepeda motor tidak dicuri oleh maling. Sebab, menurutnya penutup kunci bermagnet yang disematkan pabrik motor sangat mudah untuk dijebol.

"Caranya cuma pakai kunci T (kunci letter T yang sudah dimodifikasi oleh pelaku curanmor) sama buka tutupnya. Itu doang udah bisa diambil, dibandingkan motor yang lain," sebutnya seperti dikutip dari Instagram Humas Polsek Tambora.

Baca juga
Pengakuan Blak-blakan Maling , Ini Merek Motor yang Paling Mudah dan Sulit Dicuri

"Pesannya biar aman gitu? Ya pasang kunci ganda gitu kan, sama pasang remote (remote pengaman dengan alarm)," katanya.

"Sama juga mengimbau untuk masyarakat, ya naruh motornya juga jangan asal-asal. Kalau bisa itu diparkirkan (diparkir di tempat resmi atau di tempat yang aman) sama ditambah kunci ganda lagi biar aman," sambungnya.

Tips maling motor

Kapolsek Tambora Kompol Putra Pratama menyatakan, fitur keamanan pada motor incaran maling saat ini masih sangat lemah. Bahkan maling hanya butuh waktu kurang dari lima detik untuk mencuri motor.

"Dari beberapa Rekaman CCTV kejadian Curanmor yang banyak diungkap di media sosial dan terjadi hampir di seluruh daerah di Indonesia, terlihat bahwa begitu mudahnya para pelaku mencuri sepeda motor hanya dalam hitungan detik," kata Putra dalam keterangan tertulisnya.

"Saat ini, waktu yang dibutuhkan para penjahat ini untuk mencuri sepeda motor malah semakin cepat di bawah 5 detik," ujarnya.

"Fitur keamanan motor dengan tutup lubang kunci menjadi tidak berguna karena sangat mudah dibuka dengan bantuan alat biasa berupa magnet yang dijual bebas," jelasnya.

Artikel lainnya: Moeldoko Siap Pasang Badan Saat Jokowi Dihina, Rocky Gerung: Mental Relawan

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait