Pengakuan Blak-blakan Maling , Ini Merek Motor yang Paling Mudah dan Sulit Dicuri

  • Arry
  • 4 Agt 2023 11:37
Ilustrasi parkiran motor(ist/ist)

Seorang maling motor berinisial OA mengungkapkan merek motor yang mudah dan sulit untuk dicuri. Bahkan ada merek motor yang paling sering menjadi incaran para maling.

OA mengungkapkan untuk motor yang sulit dijebol adalah merek PCX dan Nmax. Hal ini karena kedua merek motor tersebut sudah menggunakan sistem keyless atau smart key system.

"PCX, (Nmax), yang keyless itu tidak bisa diambil. Walaupun didorong itu tetap tidak bisa hidup di bengkel kecuali diler langsung," kata OA di Jakarta, Kamis, 4 Agustus 2023.

"(Motor keyless) memang tidak bisa dicuri. Pernah teman saya dapat itu, didorong motornya ya kan dibawa ke bengkel tidak bisa hidup. Tidak bisa bengkel itu menghidupkan motor, kecuali ke diler. Jadi dijual kiloan," kata dia.

Sementara untuk merek motor yang paling diincar maling adalah Honda Beat, Vario, dan juga Scoopy. Menurutnya, ketiganya ini sangay mudah dicuri meski memiliki penutup lubang kunci bermagnet atau disebut Secure Key Shutter (SKS).

"Beat yang sudah pakai kunci magnet, itu sudah alatnya juga (untuk membuka). Semua motor Beat kalau pakai alat itu pasti bisa dibuka," kata OA.

OA menjelaskan alat tersebut berupa kotak segi empat yang memiliki susunan empat magnet. Dengan alat tersebut, pencuri dapat membuka lubang kunci dengan mudah.

"Alatnya berupa magnet, magnet doang, cuma magnetnya empat, bentuknya kotak. Kalau motor kan tiga ini empat. (Alatnya itu bikin) kami dari penadahnya," ujar OA yang sudah tiga kali ditangkap dalam kasus yang sama itu.

Sementara itu, Kapolsek Tambora, Jakarta Barat, Kompol Putra Pratama mengatakan, motor yang tidak pernah menjadi incaran maling adalah yang sudah menggunakan imobilizer.

"Saya bicara di Tambora, saat ini tidak ada Vespa (baru alias Vespa matik) yang dilaporkan hilang," katanya.

Artikel lainnya: Wawancara Via Zoom Saat Nyetir, Inara Rusli Alami Kecelakaan

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait