Jadi Bumbu Wajib Seblak, Ini 6 Khasiat Dahsyat Kencur

  • Arry
  • 8 Agt 2023 08:39
Khasiat kencur(ist/ist)

Kencur merupakan rempah wajib dalam pembuatan seblak. Tanaman rimpang ini ternyata memiliki khasiat yang dahsyat juga bagi kesehatan tubuh.

Hal ini lantaran getah kencur memiliki beragam senyawa khusus dan minyak atsiri yang mampu mengobati penyakit tertentu.

Melansir buku "Tanaman Potensial Berkhasiat Obat" (2020) oleh Dr. Suharman, Sp.P., M.Si. terbitan Deepublish berikut khasiat kencur:

1. Berfungsi sebagai antibatuk, antiflu, dan antiasma

Kencur memiliki kandungan metanol dan sejumlah senyawa dalam getahnya memiliki kemampuan mengatasi kerongkongan kering. Senyawa seperti monoterpena dan seskuiterpena dalam getah kencur itu juga mampu mengatasi perut kembung dan asam lambung tinggi. Sehingga dinilai baik untuk menyembuhkan batuk, asma, dan flu untuk melegakan pernafasan.

2. Penambah nafsu makan dan stamina

Kencur juga mengandung vitamin B Kompleks yang memiliki khasiat mengatasi efek pegal dan melancarkan aliran darah. Selain itu, kencur juga bisa diolah menjadi jamu. Ramuan kencur ini dinilai mampu mengatasai masalah anak yang sulit makan, nyeri sendi, serta meningkatkan stamina.

3. Berperan sebagai antiinflamasi

Minyak atsiri pada kencur juga memiliki khasiat untuk membantu mengatasi keluhan luka pada ligamen dan pembengkakan akibat pembekuan darah. Selain itu juga kencur efektif mengatasi pembengkakan pada ligamen hingga radang sendi.

4. Berperan sebagai antibakteri

Sejumlah penelitian menemukan, senyawa dalam kencur mampu melawan bakteri yang bisa menyebabkan infeksi kornea mata, hingga menyembuhkan penyakit seperti batuk.

5. Meluruhkan darah kotor

Bagi perempuan, kencur dapat digunakan untuk meluruhkan darah kotor saat haid. Caranya bisa direbus terlebih dahulu dan meminum air rebusan tersebut.

6. Sebagai diuretik

Berdasarkan jurnal IPB pada 2023, kencur dapat melancarkan aliran kencing, menarik air ke ginjal, dan melancarkan endapan kotoran.

Artikel lainnya: Resep Omelet Jagung dan Nasi, Praktis Untuk Bekal Anak Sekolah

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait