Waspada Makan Nasi Goreng Malam Hari, Dokter Tirta Ungkap Bahayanya

  • Arry
  • 11 Agt 2023 20:24
Nasi Goreng(ist/ist)

Nasi goreng merupakan salah satu makanan yang nikmat disantap. Namun, ada bahaya yang mengintai di balik nikmatnya nasi goreng. Terutama jika dimakan saat malam hari.

Kenikmatan nasi goreng, terutama dikonsumsi pada malam hari adalah hal yang sulit dihindari. Apalagi banyak penjual nasi goreng yang baru buka pada sore hingga malam hari.

Namun, dokter Tirta mengingatkan bahaya mengonsumsi nasi goreng di malam hari. Salah satu alasannya terkait dengan obesitas dan sistem pencernaan.

"Rasa kepengin makan di malam hari itu cuma penipuan doang. Nggak perlu makan berat cukup lu minum atau makan apel, buah terus tidur," kata dokter Tirta dikutip dari akun Instagramnya, Jumat, 11 Agustus 2023.

Baca juga
Tips Masak Nasi Goreng Tak Lengket di Wajan, Ini Kesalahan yang Sering Dilakukan

"Jam malam itu waktunya tubuh istirahat. Tapi elu nekat aktivitas, karena sedang aktivitas, otak menangkap sinyal bahwa tubuh lu butuh energi. Otak juga kirim sinyal ke lambung untuk keluarin asam lambung," ujarnya.

Dokter Tirta juga menyoroti tingginya kalori yang terkandung dalam sepiring nasi goreng. Kalori tersebut pun cenderung tak terbakar dengan sempurna seiring dengan menurunnya aktivitas tubuh pada malam hari.

Hal ini, lanjut dia, dapat menyebabkan penumpukan lemak tubuh yang tidak diinginkan. Selain itu juga dapat memperlambat sistem metabolisme.

Baca juga
Sejarah Nasi Goreng Hingga Jadi Hidangan Khas Indonesia Terenak di Dunia Versi CNN

Llau apa yang harus dilakukan jika terasa lapar pada malam hari? Dokter Tirta menyarankan agar memilih makanan yang lebih sehat dan ringan.

"Ketika lapar elu sebaiknya makan pisang, apel atau roti. Itu masih mending tubuh lu bisa mengubah itu jadi energi, jadi mineral," ujarnya.

"Nah beda urusannya kalau elu makan nasi goreng di malam hari, kalau makan jam 6 atau 7 gak papa, tapi ini tengah malam makan nasi goreng sama telur dadar. Bisa bahaya, kasihan pencernaan lu," tutupnya.

Artikel lainnya: Hukum Membaca Surat Al-Fatihah di Luar Waktu Sholat Dilarang, Apakah Dilarang?

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait