Manfaat Jalan Kaki 30 Menit Tiap Hari: Perpanjang Umur Hingga Turunkan Berat Badan

  • Arry
  • 15 Sep 2023 15:01
Ilustrasi olahraga jalan kaki(@Endho/pixabay)

Jalan kaki merupakan olahraga ringan dan paling murah untuk dilakukan. Meski demikian, manfaatnya justru sangat besar bagi kesehatan tubuh.

Melansir Live Strong, kebiasaan jalan kaki selama 30 menit tiap hari dengan kecepatan 2 mph mampu membakar kalori sebanyak 77. Imbasnya, kegiatan ini mampu membawa dampak yang luar biasa bagi tubuh.

Melansir berbagai sumber, berikut manfaat jalan kaki bagi kesehatan tubuh:

1. Meningkatkan daya ingat

Ahli saraf di University of California, Irvine Michael Yassa mengatakan, jalan kaki dapat meningkatkan fungsi daya ingat. Bahkan dengan hanya jalan kaki selama 10 menit, kesehatan daya ingat seseorang dapat meningkat. Apalagi jika dilakukan selama 30 menit.

Selain itu, jalan kaki 30 menit ini juga mampu meningkatkan produktivitas dan membuat tubuh menjadi lebih bahagia.

2. Memperpanjang umur

Berdasarkan studi yang dirilis American Heart Association menunjukkan, lansia yang berusia 69 tahun dan memiliki kebiasaan jalan kaki 30 menit per hari, memiliki penurunan risiko kematian.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

The Heart Foundation menyebutkan, jalan kaki selaa 30 menit yang dilakukan rutin tiap hari dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke hingga 35 persen. Selain itu, kegiatan ini juga bisa menurunkan risiko diabetes tipe 2 hingga 40 persen.

Jika aktivitas jalan kaki ini dibiasakan dengan menghitung 1.000 hingga 4.000 langkah per hari bahkan bisa mencegah keatian akibat masalah kardiovaskular.

4. Penurunan berat badan

Dikutip dari Toms Guide, jalan kaki bisa membantu menurunkan berat badan. Dari penelitian, untuk memaksimalkan tujuan ini, Anda bisa meakukan jlan kaki secara rutin minimal 45 menit per hari. Hal ini pun bisa membakar 100-175 kalori.

5. Meningkatkan kesehatan otak

Peneliti dari New Mexico Highlands University menyatakan, kebiasaan jalan kaki ini dapat meningkatkan aliran darah ke otak. Dengan lancarnya aliran darah ke otak berarti lebih banyak oksigen yang dihasilkan dan dapat meningkatkan kinerja saraf yang lebih kuat.

Artikel lainnya: Lagu Halo-halo Bandung Dijiplak Malaysia, Ini Reaksi Kemenlu

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait