Viral Orangutan Kurus Berjalan di Area Tambang di Kaltim, BKSDA Buka Suara

  • Arry
  • 26 Sep 2023 09:56
Orangutan kurus di area tambang di Kalimantan Timur(ist/ist)

Sebuah video yang memperlihatkan dua ekor orangutan tengah berjalan di sebuah area pertambangan yang gersang viral di media sosial. Dua orangutan itu terlihat kurus dan berjalan lunglai di atas tanah yang gersang.

Video orangutan kurus itu diunggah oleh akun Twitter, sekarang X, @indiratendi. "Tim BKSDA Kaltim udah 2 hari melakukan assessment & pencarian orangutan ini. Semoga segera ketemu & bisa dievakuasi," tulis akun itu dikutip Selasa, 26 September 2023.

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Timur, melalui tim Wildlife Rescue Unit (WRU) Seksi Konservasi Wilayah II Tenggarong, buka suara. Mereka mengaku telah melakukan penyelidikan untuk mencari keberadaan orangutan tersebut.

Viral orangutan kurus di area tambang Kaltim

Kepala SKW II Tenggarong, BKSDA Kalimantan Timur Suriawaty Halim mengatakan, pihaknya telah menyelamatkan orangutan tersebut. Namun, untuk anak orangutan masih dalam pencarian tim.

"Upaya penyelamatan (rescue) induk orangutan telah dilakukan oleh kami di lokasi pertambangan PT. IDXM yang berbatasan dengan lokasi pertambangan PT GAM di Kutai Timur, Kalimantan Timur," ujar Suriawaty dalam keterangan resminya.

"Saat ini, induk orang utan berada dalam pengawasan ketat tim medis kami dan akan dilakukan upaya-upaya medis yang diperlukan untuk memastikan kesehatannya agar layak untuk dapat dilepasliarkan kembali ke alam" lanjutnya.

Artikel lainnya: Timnas Indonesia Tantang Uzbekistan, Ini Jadwal 16 Besar Asian Games 2022

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait