Kisah Kopi Sianida Mirna dan Jessica Diangkat ke Film Ice Cold Tayang di Netflix

  • Arry
  • 30 Sep 2023 11:24
Film Dokumenter Ice Cold menceritakan kisah Jessica Wongso dan Mirna Salihin dalam kasus kopi sianida. Film ini tayang di Netflix(netflix/netflix.com)

Masih ingat kasus kopi sianida yang menyeret Jessica Kumala Wongso yang divonis membunuuh sahabatnya, Wayan Mirna Salihin? Kisah yang terjadi pada 2016 ini diangkat menjadi film dokumenter oleh Netflix.

Netflix resmi merilis kisah Jessica dan Mirna ini dalam film berjudul Ice Cold: Murder, Coffee, and Jessica Wongso. Film berdurasi 86 menit ini sudah dapat disaksikan di Netflix mulai 28 September 2023.

"Film dokumenter ini memaparkan pertanyaan-pertanyaan tak terjawab yang melingkupi persidangan Jessica Wongso, bertahun-tahun setelah kematian sahabatnya, Mirna Salihin," tulis Netflix Indonesia.

Film Ice Cold ini diproduksi Beach House Pictures. Dalam film ini menghadirkan wawancara eksklusif Jessica, ayah dan saudara kembar Mirna, pengacara Jessica, star Kafe Olivie, dan jurnalis yang mendalami kasus.

Untuk diketahui, kasus pembunuhan Mirna yang dilakukan Jessica terjadi pada 6 Januari 2016. Pembunuhan dilakukan Jessica saat menabur sianida di minuman es kopi Vietnam yang dipesan Mirna saat keduanya tengah bertemu di Kafe Olivier, Mall Grand Indonesia.

Mirna yang meminum es kopi Vietnam itu mengaku langsung tak enak badan. Dia kemudian kejang-kejang dan kehilangan kesadaran. Mirna dinyatakan meninggal dunia saat dibawa ke RS Abdi Waluyo, setelah sebelunya sempat mendapat perawatan di klinik Grand Indonesia.

Dari hasil autopsi ditemukan ada kadar zat sianida di lambung Mirna sekitar 3,75 miligram. Akibatnya, perut Mirna mengalami pendaragan usai meminum racun mematikan tersebut.

Jessica akhirnya ditetapkan sebagai tersangka. Hal ini didasari dari barang bukti berupa CCTV di kafe tersebut yang menunjukkan Jessica sebagai sosok terakhir yang berhubungan dengan Mirna.

Dalam persidangan, majelis hakim yakin Jessica memberikan sianida itu di sedotan yang akan digunakan Mirna untuk menikmati es kopi Vietnam.

Proses persidangan berakhir dengan vonis 20 tahun penjara untuk Jessica Wongso. Hakim menilai Jessica terbukti pembunuhan berencana yang sangat matang.

Upaya hukum kemudian dilakukan Jessica atas vonis tersebut. Namun, hingga tingkat kasasi, hakim tetap memvonis Jessica dengan hukuman penjara selama 20 tahun.

Jessica kini masih menjalani hukuman di Lapas Klas II A Pondok Bambu.

"Aku hanya tak mengerti mengapa ini terjadi padaku. Aku hanya sedang berlibur. Aku hanya menelepon teman-temanku untuk mengobrol sambil minum kopi. Dan sejak saat itu, rasanya tidak bisa dipercaya," curhat Jessica dalam dokumenter Ice Cold: Murder, Coffee, and Jessica Wongso.

Artikel lainnya: KPK Sita Duit Puluhan Miliar dari Rumah Dinas Mentan Syaurul Yasin Limpo

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait