Palestina Negeri yang Istimewa dan Diberkahi Allah SWT

  • Arry
  • 14 Okt 2023 06:32
Masjid Al Aqsa di Palestina(nu online/nu.or.id)

Konflik di wilayah Palestina tek kunjung usai. Negara yang berbatasan dengan Laut Tengah dan Sungai Yordan ini adalah lokasi yang sangat strategis.

Kawasan Palestina ini ternyata kerap disebut dalam Al-Qur’an hingga hadits Nabi Muhammad SAW. Wilayah yang dahulunya dikenal sebagai Syam ini pun disebut kawasan yang penuh berkah.

Bila menemukan kata "Syam" pada hadits, maka yang dimaksud adalah wilayah yang meliputi Suriah, Lebanon, Yordania, dan Palestina. (Lihat selengkapnya Yaqut al-Hamawi, Mu'jam al-Buldan, juz 3, hlm. 312)

Melansir berbagai sumber, keberkahan Palestina setidaknya disebutkan dalam sejumlah ayat di Al-Quran seperti:

Baca juga
Viral Video Burung Gagak Copot Bendera Israel, Pertanda Apa?

"Dan Kami selamatkan Ibrahim dan Luth ke sebuah negeri yang Kami telah memberkahinya untuk sekalian manusia." (Q.S. Al Anbiyaa` : 71).

"Dan (telah Kami tundukkan) untuk Sulaiman angin yang sangat kencang tiupannya yang berhembus dengan perintahnya ke negeri yang Kami telah memberkatinya. Dan adalah Kami Maha Mengetahui segala sesuatu." (Q.S. Al Anbiyaa` [21]: 81).

"Dan Kami jadikan antara mereka dan antara negeri-negeri yang Kami limpahkan berkah kepadanya, beberapa negeri yang berdekatan dan Kami tetapkan antara negeri-negeri itu (jarak-jarak) perjalanan. Berjalanlah kamu di kota-kota itu pada malam dan siang hari dengan aman." (Q.S. Saba [34]: 18).

Bahkan Nabi Muhammad SAW dikirimkan Allah SWT untuk mendatangi Masjidil Aqsa di Palestina pada saat Isra Mi'raj.

"Maha Suci (Allah) yang telah memperjalankan hamba-Nya (Nabi Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidilaqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar lagi Maha Melihat." (Al-Isra' [17]:1)

Baca juga
Kenapa Rasulullah Mampir di Masjidil Aqsa Sebelum ke Langit ke-7 Saat Isra Miraj

Imam at-Thabari dalam kitab tafsirnya Jami' al-Bayan 'an Ta'wil ayy al-Quran menerangkan maksud firman Allah "Kami berkahi sekelilingnya" ialah tempat yang penuh berkah untuk ditinggali.

Berkah sebagai sumber penghidupan, berkah dalam makanan pokoknya sebagai sumber kekuatan. Berkah karena wilayah ini termasuk paling subur dan mampu menghasilkan komoditas pangan. Padahal, wilayah lain sekitar tempat ini termasuk gersang dan tidak layak dijadikan lahan pertanian. (Lihat selengkapnya Jami' al-Bayan 'an Ta'wil ayy al-Quran, juz 17, hlm. 351)

Perlu diketahui, bahwa wilayah ini disebut dengan Bulan Sabit Subur karena tingkat kesuburannya yang berada di atas rata-rata daerah lain di sekitar Timur Tengah.

Kemudian, selain al-Quran, hadits Nabi SAW dengan sangat jelas mendoakan keberkahan wilayah Syam. Nabi bersabda:

"Ya Allah, berkahilah kami, pada negeri Syam kami dan negeri Yaman kami." (HR. Bukhari)

Baca juga
Tentara Israel Serbu Laga Liga Palestina dengan Gas Air Mata

Lebih dari itu, terdapat hadits Nabi yang menyatakan keberuntungan negeri Syam, Nabi bersabda:

dari Zaid bin Tsabit dia berkata, "Kami menulis Al-Qur'an dari pelepah kurma di sisi Rasulullah SAW, maka Rasulullah SAW bersabda, "Beruntunglah bagi penduduk Syam." Lalu kami bertanya, "Kenapa bisa seperti itu wahai Rasulullah?" beliau bersabda, "Sesungguhnya Malaikat Dzat Yang Maha Pengasih (Allah) telah membentangkan sayapnya di atas negeri Syam." (HR. Tirmidzi no. 3954, Shahih)

Selain itu, mengutip laman Rumah Zakat, ini 4 alasan kenapa Palestina termasuk dalam negeri yang diberkahi Allah SWT:

1. Didoakan Secara Khusus Oleh Rasulullah SAW

Salah satu alasan mengapa negeri Syam (salah satunya Palestina) diberkahi oleh Allah SWT. karena didoakan oleh Rasulullah SAW. Diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Ibnu Umar, Rasulullah SAW. pernah berdoa meminta keberkahan negeri Syam. “Ya Allah, berikanlah keberkahan bagi kami, negeri Syam dan Yaman.”

2. Terdapat Masjid Al-Aqsa

Alasan lainnya mengapa Palestina menjadi negara yang diberkahi Allah SWT. adalah karena di dalamnya terdapat Masjid Al-Aqsa yang menjadi kiblat pertama umat Islam. Seperti kita ketahui, Masjid Al-Aqsa atau Baitul Maqdis adalah salah satu dari tiga masjid yang diberkahi Allah SWT. Dua masjid lainnya yang mulia dan diberkahi Allah SWT. adalah Masjidil Haram di Kota Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah. Mekah dan Madinah pun merupakan kota yang diberkahi Allah SWT. karena memiliki sejarah yang berarti dengan kehidupan Nabi Muhammad SAW.

3. Negeri para Nabi

Palestina dan negeri Syam lainnya memiliki ikatan yang kuat dengan para nabi. Di tanah ini rupanya banyak nabi yang lahir, diutus, tinggal, atau singgah dalam berdakwah menegakkan nilai-nilai tauhid. Para nabi yang memiliki ikatan kuat dengan negeri Syam (salah satunya Palestina) yakni: Nabi Ibrahim a.s., Nabi Ismail a.s., Nabi Ishaq a.s., Nabi Musa a.s., Nabi Musa a.s., Nabi Yaqub a.s., Nabi Luth a.s., Nabi Daud a.s, Nabi Sulaiman a.s., hingga kepada Nabi Muhammad SAW.

4. Lokasi Padang Mahsyar yang disebutkan Rasulullah SAW.

Keberkahan lainnya dari negeri Syam (salah satunya Palestina) adalah kelak di sinilah seluruh manusia sejak Nabi Adam a.s. hingga manusia terakhir di bumi akan dikumpulkan. Artinya, negeri Syam ini akan menjadi Padang Mahsyar bagi umat manusia.

Hal tersebut berdasarkan pada hadis Nabi Muhammad SAW. yang berasal dari riwayat Syu'aib Al-Arnaut. Hadits tersebut juga diriwayatkan dari jalur Maimunah. Dalam riwayat hadits itu, Maimunah berkata bahwa ia baru saja melintasi Baitul Maqdis (Masjid Al Aqsa). Lalu Nabi SAW. bersabda, "Itu Padang Mahsyar (tempat berkumpul), dan padang Mansyar (tempat menyebar). Datanglah dan salatlah di dalamnya. Sungguh salatnya itu seperti seribu salat di masjid lain."

Demikian keberkahan yang dimiliki oleh Syam alias Palestina yang dijelaskan dalam Al-Quran dan Al Hadits.

Artikel lainnya: Viral Anak SD Diejek Guru dan Teman Gegara Bekal Ulat Sagu, Gizinya Ternyata Segudang

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait