Rilis Koleksi Busana Sindir Kondisi Palestina, Zara Terancam Diboikot

  • Arry
  • 11 Des 2023 08:46
Brand fesyen Zara(@praswin2390/unsplash)

Retailer fesyen, Zara menuai kecaman usai merilis koleksi busana terbarunya. Brand asal Spanyol itu dinilai telah menyindir kondisi perang di Gaza.

Zara menampilkan foto koleksi untuk Zara Atelier yang diduga menggambarkan korban pemboman dan penembakan di jalur Gaza. Koleksi baju itu dikenakan oleh Kristen McMenamy, seorang model asal Amerika Serikat.

Foto itu diunggah resmi di media sosial Zara. Dalam foto terlihat Kristen McMenamy berdiri di sebuah ruangan dengan boneka-boneka yang ditutupi kain putih dikelilingi puing-puing.

"Zara Atelier. Collection 04_The Jacket. Koleksi edisi terbatas dari rumah mode ini merayakan komitmen kami terhadap keahlian dan semangat untuk ekspresi artistik," tulis Zara pada caption foto di unggahan X, dikutip Newscast.id, Senin 11 Desember 2023.

Aksi boikot Zara usai tampikan koleksi baju terbaru yang dinilai sindir Palestina

Netizen kemudian menuding apa yang ditampilkan Zara memiliki kemiripan dengan kondisi di Gaza usai dibombardir Israel.

"Kampanye Zara terbaru menggambarkan apa yang tampak seperti mayat yang dibungkus dalam kain berwarna putih, mengingatkan pada cara pemakaman tradisional Muslim, serta batu, debu, dan puing-puing. Apa yang mereka pikirkan? Hal ini (seperti) disengaja pada saat ini," tulis salah satu netizen di X.

"Dan penghargaan untuk merek paling tidak peka tahun ini diberikan kepada Zara. Menggunakan gambaran genosida yang dilakukan Israel terhadap warga Palestina untuk menjual merek pakaian fast fashion mereka."

Baca juga
Pizza Hut Ungkap Kinerja Perusahaan Turun Akibat Aksi Boikot Produk Pro Israel

"Sebut saja saya gila, tetapi koleksi baru Zara ini tidak mungkin hanya kebetulan, karena tidak mungkin ini menjadi iklan pada saat genosida sedang terjadi."

"Boikot Zara kalau kalian belum melakukannya! Mereka mengumumkan koleksi baru menggunakan (tema) genosida di Gaza."

Belum ada komentar dari Zara terkait koleksi baju terbarunya tersebut dan gerakan boikot.

Artikel lainnya: Tak Cukup Jago Masak, Chef Juna Bocorkan Rahasia Jadi Juara MasterChef Indonesia

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait