Resep Ayam Ala Richeese Factory, Lengkap dengan Saus Pedas yang Nampol

  • Arry
  • 12 Jan 2024 15:38
Resep ayam ala Richeese Factory(ist/ist)

Ayam adalah bahan masakan yang mudah diolah. Tak sedikit yang mencoba untuk mengolah ayam dengan menu kekinian ala restoran besar. Salah satunya adalah ayam ala Richeese Factory.

Ayam Richeese merupakan salah satu gerai restoran cepat saji yang terkenal dengan saus pedasnya. Ayam ini cukup spesial, karena tidak digoreng biasa, tetapi ada teknik yang harus diikuti.

Simak resep ayam Richeese ala rumahan, lengkap dengan saus pedas yang nampol:

Bahan-bahan

1/2 ekor ayam
4 siung bawang putih, haluskan
1/2 ruas jari kunyit, haluskan
1/2 sdt garam
1 sdt kaldu bubuk
500 gram tepung terigu protein tinggi
30 gram tepung maizena
1 sdt baking soda
1 sdt garam
1,5 sdt kaldu bubuk
1 sdt bawang putih bubuk
1/2 sdt lada bubuk
2 liter air
100 ml susu cair
Bahan Bumbu Saus Pedas:
1 sdt margarin
1 sdm saus tiram
3 sdm saus tomat
3 sdm saus pedas
2 sdm gula pasir
1/2 sdt lada bubuk
1/2 sdt bawang putih bubuk
3-4 sdm cabai bubuk (sesuai selera)
20 ml air (opsional)

Cara membuat ayam Richeese Factory ala rumahan:

  1. Siapkan semua bahan untuk membuat ayam richeese. Setelah itu, marinasi ayamnya terlebih dahulu. Masukkan bawang putih dan kunyit yang sudah dihaluskan, garam, dan kaldu bubuk ke wadah isi ayam. Lalu, lumuri seluruh bagian ayam dengan bumbu marinasi. Diamkan selama kurang lebih 30 menit.
  2. Sambil menunggu ayam, siapkan adonan tepung. Campurkan tepung maizena ke dalam wadah tepung terigu. Campurkan juga baking soda, lada bubuk, bawang putih bubuk, kaldu bubuk, dan garam ke dalamnya. Aduk hingga semua bahan tercampur dengan rata.
  3. Setelah itu, dalam wadah lain campurkan air dengan susu cair menjadi satu. Aduk sampai kedua bahan tercampur rata. Taruh saringan di atas wadah campuran susu.
  4. Kemudian, ambil ayam sudah dimarinasi. Masukkan ayam satu per satu ke dalam adonan tepung. Baluri seluruh sisi ayam dengan tepung dengan cara mengaduknya menggunakan tangan sambil sesekali diangkat-angkat.
  5. Jika sudah, masukkan ayam ke dalam campuran susu. Biarkan ayam terendam di dalamnya. Angkat dan tiriskan airnya.
  6. Lalu, masukkan ayam ke dalam wadah campuran susu kembali. Biarkan ayam terendam di dalam campuran susu. Angkat dan tiriskan. Setelah itu, masukkan kembali ke adonan tepung, aduk kembali.
  7. Siapkan wajan atau panci dan panaskan minyak yang banyak. Goreng ayam di dalam minyak yang benar-benar panas. Pastikan ayam terendam di dalam minyak. Goreng ayam hingga matang dan warna berubah menjadi kuning kecokelatan. Angkat, tiriskan.
  8. Kemudian, siapkan wajan dan nyalakan api. Lelehkan mentega. Setelah itu, masukkan saus tomat, saus pedas, saus tiram, gula pasir, lada bubuk, bawang putih bubuk, dan cabai bubuk ke dalamnya. Aduk-aduk hingga rata.
  9. Jika terlalu kental, tuangkan air ke dalamnya. Aduk lagi sampai rata. Lalu, masukkan ayam yang telah digoreng ke dalam wajan. Aduk sampai seluruh bagian ayam terlumuri dengan saus pedas. Ayam richeese siap untuk disajikan.

Demikian resep ayam goreng richeese ala rumahan. Selamat mencoba.

Artikel lainnya: Resmi! Pemerintah Tetapkan Kuota Haji dan Biaya Haji 2024, Ini Rinciannya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait