Kronologi Kematian Dante, Anak Tamara Tyasmara: Dilakukan di Depan Anak Pelaku YA

  • Arry
  • 12 Feb 2024 20:59
Model Tamara Tyasmara(@tamaratyasmara/instagram)

Polisi mengungkap kronologi kematian Raden Andante Khalif Pramudityo alias Dante, anak Angger Dimas dan Tamara Tyasmara, di tangan Yudha Arifandi alias YA. Yudha adalah kekasih Tamara usai bercerai dengan Angger Dimas.

Dirreskrimum Polda Metro Jaya, Kombes Wira Satya Triputra mengungkapkan, peristiwa ini bermula pada Sabtu, 27 Januari 2024. Sekitar pukul 11.30 WIB, Dante diantar Tamara ke rumah YA di kawasan Pondok Kelapa, Jakarta Timur.

“Dengan tujuan mau mengantar anak korban RA ketemu dengan anak YA inisial MAA,” kata Wira di Jakarta, Senin, 12 Februari 2024.

Sekitar pukul 15.00 WIB, Tamara meninggalkan Date untuk bermain dengan MMA, putri Yudha Arifandi. Setelah itu, YA mengajak Dante dan MMA berenang di kolam renang daerah Duren Sawit, Jakarta Timur.

Baca juga
Beredar Video Detik-detik Dante, Anak Tamara Tyasmara Ditenggelamkan Tersangka YA

“Sebelum berenang tersangka (YA) mengajak korban dan anak tersangka untuk melakukan pemanasan. Setelah melakukan pemanasan, mereka masuk ke dalam kolam renang dewasa kedalaman 1,3 meter,” jelasnya.

Yudha kemudian menyuruh Dante dan MMA menyelam dengan kepala dipegang oleh YA dan dimasukkan ke dalam air. Namun untuk kedua tangan mereka tetap memegang tepi kolam renang.

Mereka melakukan hal tersebut di kolam dewasa sekitar 15-20 menit. Setelah itu, YA mengajak Dante dan MMA pindah ke kolam anak.

Dante dan MMA sempat bermain sekitar 30 menit. Setelah itu, YA kembali membenamkan Dante sebanyak 2 kali. Durasinya sekitar 7-8 detik. Setelah itu, ketiganya kembali bermain ke kolam dewasa yang memiliki kedalaman 1,5 meter.

Baca juga
12 Kali Tenggelamkan Dante Anak Tamara, YA Jadi Tersangka dan Terancam Pidana Mati

“Tersangka kembali membenamkan korban ke dalam kolam sebanyak 12 kali. Dengan durasi waktu 14 Detik, 24 Detik, 4 Detik, 2 Detik, 26 Detik, 4 Detik, 21 Detik, 7 Detik, 17 Detik, 8 Detik, 26 Detik, dan yang terakhir tubuh korban dibenamkan ke dalam kolam selama 54 Detik,” ungkap Wira.

“Dengan cara tersangka memegang pinggang anak korban dengan menggunakan kedua tangan,” tambahnya.

“Selanjutnya Tersangka mengangkat korban dan meletakkan di tepi kolam, dimana setelah korban diberikan bantuan pertama oleh saksi-saksi di kolam renang diketahui korban sudah tidak bernafas," jelasnya.

"Dari mulut dan hidung mengeluarkan sisa makanan dan buih, kemudian korban dinyatakan meninggal dunia sekitar 16.50 WIB,” ungkapnya.

Atas tindakan tersebut, Yudha Arifandi alias YA ditetapkan sebagai tersangka atas kematian Dante. Dia dijerat dengan Pasal 76c jo Pasal 80 UU Perlindungan Anak dan atau Pasal 340 KUHP dan atau Pasal 338 KUHP dan atau Pasal 359 KUHP dengan ancaman pidana mati atau seumur hidup.

Artikel lainnya: Viral Detik-detik Pemain Sepak Bola Subang Tewas Tersambar Petir

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait