Diduga Kampanye di Malaysia Saat Masa Tenang, Ini Kata Caleg PAN Uya Kuya

  • Arry
  • 18 Feb 2024 11:02
Caleg dari PAN Uya Kuya(@king.uyakuya/instagram)

Caleg dari Partai Amanat Nasional atau PAN, Uya Kuya, diduga melakukan pelanggaran pidana pemilu. Pria bernama asli Surya Utama itu diduga berkampanye di hari pencoblosan di Malaysia di saat masa tenang.

Dugaan ini dilontarkan Direktur Migrant Care, Wahyu Susilo. Menurutnya, Uya Kuya melakukan pelanggaran pemilu dan akan dilaporkan ke Bawaslu.

"Kami juga menemukan beberapa pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh kontestan pemilu, misalnya di Malaysia. Kami juga akan melaporkan ke Bawaslu ya, tindak pelanggaran pidana pemilu karena melakukan kampanye pada hari H pencoblosan, itu dilakukan oleh Uya Kuya," ujar Wahyu di Jakarta, Sabtu, 17 Februari 2024.

"Oleh Uya Kuya di depan orang-orang yang melakukan registrasi di TPS di dapil WTC, itu highlight yang kami temukan," ujarnya.

"Pada saat menjelang pemungutan suara di Kuala Lumpur di mana ada ratusan ribu orang mencoba masuk di Dapil WTC karena ternyata sebagian besar mereka tidak terdaftar di DPT," ucap Wahyu.

Respons Uya Kuya

Uya Kuya merespons tudingan dari Migrant Care tersebut. Mantan vokalis Tofu itu membantah berkampanye di Malaysia.

"Saya jawab tidak ada berkampanye di hari H sama sekali, kalau ada bukti silakan kasih. Saya datang ke Malaysia dalam minggu itu sudah dua kali datang ngurusin TKW Indonesia yang namanya Lilis, hampir disuntik mati tapi diselamatkan di rumah kebajikan," ujar Uya Kuya.

"Hotel saya menginap itu di sebelahnya WTC, dan di situ saya juga melewati depannya. Tapi orang-orang menghampiri saya, ratusan orang minta foto segala macam. Dan saya tidak memakai baju atribut partai, tidak ada ajakan untuk memilih," ucap Uya.

Menurutnya, saat itu banyak masyarakat yang meminta foto dengan dirinya. Tak hanya itu, masyarakat pun mengajak foto dengan pose dua jari.

Untuk diketahui, Uya Kuya maju sebagai caleg DPR dari Dapil Jakarta II. Kini, Caleg PAN itu sudah meraup 124.665 suara dan berpotensi lolos ke DPR.

Artikel lainnya: Hasil Liga Inggris: Kemenangan Mahal Liverpool, Arsenal Pesta Gol, Man City Apes

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait