Ini yang Terjadi Pada tubuh Jika Kerap Makan Pisang Setiap Hari

  • Arry
  • 2 Mar 2024 17:55
Buah pisang(@eprouzet/unsplash)

Pisang merupakan buah yang menyimpan kandungan bermanfaat bagi tubuh. Namun apa dampaknya bagi tubuh jika kita makan pisang setiap hari?

Pisang diketahui memiliki kandungan seperti vitamin, karbohidrat, mangan, potasium, serat, protein, natrium, dan kalium yang baik bagi kesehatan.

Meski banyak mengandung asupan bermanfaat, terlalu banyak memakan pisang ternyata juga dapat menimbulkan efek samping. Baik itu positif maupun negatifnya.

Untuk diketahui, Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO merekomendasikan jumlah pisang yang layak dikonsumsi dalam satu hari adalah dua hingga lima buah, namun hal itu tergantung ukuran buah tersebut.

Baca juga
Pria Ini Beli Pisang Goreng Rp9.000, Kaget Lihat Ukuran Sebenarnya

Berikut dampak yang terjadi pada tubuh jika mengonsumsi pisang setiap hari:

1. Pasokan energi

Mengutip artikel yang diterbitkan Journal of Food Science and Technology pada 2019, pisang adalah suber karbohidrat. Selain itu, pisang juga mengandung vitamin B, seperti vitamin B3, B6, dan B12.

Vitamin B diketahui bermanfaat untuk membantu enzim dalam tubuh melepaskan energi dari karbohidrat yang Anda makan agar dapat digunakan oleh tubuh.

Mengonsumsi pisang dengan lemak atau protein sehat, seperti segenggam almond atau secangkir yogurt, akan memiliki dampak yang hebat. Yakni dapat membantu memperpanjang energi yang disediakan pisang dan menjaga gula darah sekaligus.

Baca juga
Resep Pisang Goreng Karamel, Nikmat untuk Takjil Buka Puasa

2. Menjaga berat badan

Pisang adalah salah satu buah yang dapat membantu tubuh merasakan kenyang lebih lama. Sehingga dapat mengurangi keinginan Anda untuk makan lebih banyak.

Meskipun belum ada bukti pisang dapat membantu penurunan berat badan, namun bagi yang sedang melakukan program diet, dapat memasukkan pisang sebagai buah pilihan yang tepat.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Pisang dikenal juga sebagai buah yang memiliki potasium yang baik. Satu buah pisang ukuran sedang diketahui mengandung 422 miligram potasium.

Potasium itu berguna untuk membantu menurunkan tekanan darah, yang merupakan salah satu penyebab utama penyakit kardiovaskular.

Baca juga
Serabi, Pisang Goreng, Kue Ape dan Kue Putu Masuk Jajaran Elit Jajanan Terenak Dunia

4. Menurunkan risiko penyakit kronis

Berdasarkan penelitian di International Journal of Food Propertie pada 2022, pisang adalah buah yang kaya akan senyawa antioksidan. Bahkan kandungan antioksidan pada pisang disebut lebih tinggi dibandingkan dengan buah beri, herba, dan sayuran.

Antioksidan ini dapat membantu mengurangi efek berbahaya dari stres oksidatif pada tubuh yang dapat menyebabkan peradangan dan merusak jaringan tubuh. Sehingga dapat mencegah penyakit kronis seperti jantung, diabetes, kanker, dan banyak lagi.

5. Meningkatkan berat badan

Terlalu berlebih makan pisang ternyata juga dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Hal ini karena pisang mengandung lemak, gula, dan karbohidrat tinggi, sehingga jumlah konsumsinya harus tetap dibatasi.

6. Menyebabkan kelebihan kalium

Terlalu banyak makan pisang juga dapat menyebabkan tubuh kelebihan kalium yang disebut juga hiperkalemia. Kalium ini sebnarnya dapat dalam memperlancar fungsi otot, saraf, dan jantung.

Namun, bagi penderita hiperkalemia, justru akan menyebabkan aktivitas listrik pada jantung akan terganggu. Hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Artikel lainnya: Jadwal Liga Inggris: Manchester City vs Manchester United, Nottingham vs Liverpool

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait