Banjir Bandang Kota Batu: Satu Warga Tewas, 10 Masih Hilang

  • Arry
  • 5 Nov 2021 06:27
Evakuasi korban banjir bandang yang menerjang Kota Batu pada Kamis, 4 November 2021. Satu warga dilaporkan tewas dan 10 lainnya masih hilang(humas/bnpb)

Banjir bandang menerjang Kota Batu, Jawa Timur. Data terbaru, satu warga ditemukan meninggal dunia usai hanyut terbawa arus deras. Sementara 10 warga lainnya masih belum ditemukan.

Berdasarkan keterangan yang disampaikan Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, sat ini, BPBD Kota Batu terus mempercepat penanganan bencana banjir bandang yang terjadi pada Kamis, 4 November 2021.

Berdasarkan data hingga pukul 22.20 WIB, satu warga meninggal dunia. Sementara 10 orang lainnya masih dalam proses pencarian. Dan 4 warga sudah ditemukan dalam kondisi selamat.

Baca Juga
Banjir Bandang Terjang Kota Baru Malang, 15 Orang Hanyut

Akibat banjir bandang itu, menimbulkan kerugian material berupa 27 unit sepeda motor rusak, 2 unit mobil rusak, 3 ekor sapi dan 5 kambing hanyut terseret derasnya aliran air di DAS Brantas.

Sementara itu, banjir tercatat telah berdampak pada enam desa di Kecamatan Bumiaji dengan rincian meliputi Desa Sumber Brantas, Desa Bulu Kerto, Desa Tulung Rejo, Desa Padang Rejo, Desa Sido Mulyo dan Desa Punten.


Antisipasi Banjir Susulan

Kepala BNPB, Letjen TNI Ganip Warsito, mengingatkan untuk mengantisipasi potensi banjir susulan. Hal ini mengingat prakiraan cuaca BMKG yang menyatakan hujan lebat masih berpotensi terjadi di Jawa Timur pada Jumat, 5 November.

“Utamakan penyelamatan warga dan pertolongan terhadap korban. Sebagai antisipasi banjir atau hujan susulan agar warga sekitar DAS Anak Brantas dievakuasi ke tempat aman,” ujar Ganip.

Baca Juga
VIDEO: Banjir Bandang di Batu Juga Terjang Kampung Warna Warni Malang

Lebih lanjut, Ganip juga mendorong Pemerintah Kota Batu agar segera mendirikan posko darurat untuk koordinasi para pihak pengendalian. Dia juga meminta agar koordinasi dengan lintas terkait terus dilakukan sampai penanganan dan penanggulangan bencana banjir bandang selesai.

“Segera dirikan posko untuk koordinasi para pihak dan pengendalian,” ucap Ganip.

Ganip juga mengatakan, BNPB akan mendistribusikan kebutuhan logistik dan peralatan guna percepatan penanganan bencana banjir bandang Kota Batu.

“Kebutuhan logistik dan peralatan BNPB besok pagi (hari ini) saya dorong,” tutup Ganip.

Simak video keganasan banjir bandang di Kota Batu di bawah ini:

 

Baca Juga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait