Bandara Halim Perdana Kusumah Akan Ditutup, Ini Alasannya

  • Arry
  • 5 Nov 2021 19:38
Bandara Halim Perdana Kusumah (dephub/kemenhub)

Pemerintah berencana menutup Bandara Halim Perdana Kusumah. Apa alasannya?

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Novie RIyanto, menjelaskan, penutupan terkait dengan rencana revitalisasi bandara Halim untuk meningkatkan faktor keamanan.

"Hal ini dilakukan mengingat Bandara Halim punya fungsi yang vital, namun terjadi penurunan kualitas elemen bandara terutama runway," kata Novie dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 5 November 2021.

Novie menjelaskan, rencana penutupan itu sedang dibahas dengan sejumlah pihak seperti Kementerian Pertahanan, TNI Angkatan Udara, Kementerian Keuangan, Angkasa Pura II, dan pihak terkait lainnya.

"Kami sedang menyiapkan desain sisi udara seperti rekonstruksi runway dan perbaikan sistem drainase. Hal-hal tengah kami bahas dengan berbagai pihak," ujarnya.

Selain itu, pembahasan juga menyangkut dampak yang terjadi akibat revitalisasi ini. Karena penutupan dieprkirakan akan berlangsung selama satu tahun.

"Adapun rencana operasionalisasi dan lain-lain akan disampaikan setelah pembahasan bersama Kementerian dan Lembaga terkait," ujarnya.

 

Baca Juga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait