Bela Diri Karena Diserang Pencuri Ikan, Mbah Minto Terancam 2 Tahun Penjara

  • Arry
  • 30 Nov 2021 06:35
Ilustrasi Penjara(Ichigo121212/pixabay.com)

Mbah Minto adalah penjaga kolam ikan di Desa Pasir, Kecamatan Mijen, Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Pemilik lahan itu adalah Suhadak bin alm Subadi. Mbah Manto sendiri tinggal di sebuah gubuk yang berada di wilayah kolam ikan yang dia jaga.

Kasus ini bermula pada 7 September 2021. Saat itu, mbah Minto yang sedang menjaga kolam ikan melihat seorang hendak mencuri ikan sekitar pukul 21.00 WIB. Pencuri ikan itu terlihat menggunakan alat setrum.

Karena aksinya ketahuan, pencuri itu kemudian menyerang mbah Minto dengan alat setrum itu. Mbah Minto kemudian membela diri dengan menggunakan sabit yang ada di dekatnya.

Akibatnya, sang pencuri mengalami luka-luka. Namun, sang pencuri melaporkan balik mbah Minto ke polisi.

Baca Juga
6 Fakta Baru Mbah Minto, Jadi Tersangka Karena Bela Diri Mau Disetrum Pencuri

Polisi menindaklanjuti laporan tersebut. Mbah Minto ditetapkan sebagai tersangka. Dia pun harus menghuni ruang tahanan Polres Demak. Kasus ini pun sudah dalam tahap pemberkasan di kejaksaan.

Kuasa hukum mbah Minto, Haryanto menyatakan, apa yang dilakukan kliennya telah memenuhi unsur Pasal 49 ayat (1) KUHP menyebutkan “Barangsiapa terpaksa melakukan perbuatan untuk pembelaan, karena ada serangan atau ancaman serangan ketika itu yang melawan hukum, terhadap diri sendiri maupun orang lain; terhadap kehormatan kesusilaan (eerbaarheid) atau harta benda sendiri maupun orang lain, tidak dipidana.

"Sehingga Mbah Minto tidak seharusnya dipidana," kata Haryanto.

Polres Demak menegaskan, seluruh proses hukum yang berjalan terhadap kasus mbah Minto sudah sesuai dengan prosedur.

"Sudah (sesuai dengan undang-undang), kita lakukan sampai dengan kasus penganiayaan sudah sampai kejaksaan sudah tahap 2," ujar Kapolres Demak AKBP Budi Adhy Buono, Rabu (13/10).

Budi menegaskan, pihaknya juga akan mengusut kasus pencurian yang diduga dilakukan korban terhadap kolam ikan mbah Minto.

"Kita akan melayani secara hukum dan profesional kita akan menyidik sampai tuntas. Semua laporan kami terima dan kami tangani," tegas dia.

Mbah Minto dijerat dengan Pasal 351 KUHP tentang penganiayaan. Ancaman hukumannya adalah 5 tahun penjara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait