Pilar Kereta Cepat Roboh Timpa Ekskavator, KCIC: Kontraktor Lalai

  • Arry
  • 9 Des 2021 11:32
Pilar Kereta Cepat Jakarta-Bandung roboh menimpa ekskavator(tangkapan layar/instagram)

Sebuah video pilar kereta cepat Jakarta-Bandung roboh viral di media sosial. Pilar itu ambruk dan menimpa dua ekskabator yang ada di sekitarnya.

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) merespons insiden yang terjadi di DK 46, Teluk Jambe, Kabupaten Karawang, Rabu, 8 Desember 2021. Mereka langsung memanggil kontraktor yang terlibat dan melayangkan teguran langsung kepada kontraktor terkait.

"PT KCIC tidak mentolerir adanya kesalahan kontruksi yang melebihi dari toleransi yang dipersyaratkan," kata Presiden Director PT KCIC, Dwiyana Slamet Riyadi, dalam keterangan tertulisnya.

Dwiyana menjelaskan, peristiwa tersebut terjadi saat membongkar pilar Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Namun proses pembongkaran tidak mengikuti standar operasi yang berlaku.

"Kontraktor lalai dalam melaksanakan SOP sehingga pier menimpa ekskavator yang digunakan," kata dia.

"Kami langsung memanggil kontraktor dan memberikan teguran agar semua pekerjaan dilakukan dengan SOP yang sudah ditetapkan oleh Tim Engineering dan SSHE sehingga kejadian serupa tidak terulang lagi," tambahnya.

Dwiyana memastikan tidak ada korbanjiwa dalam peristiwa tersebut. Operator ekskavator di lokasi juga berhasil menyelamatkan diri.

"Kejadian ini menjadi perhatian serius bagi Kami. Investigasi mendalam langsung dilakukan dan tinggal menunggu hasilnya," ujarnya.

Lihat detik-detik pilar Kereta Cepat Jakarta bandung roboh di bawah ini:

Detik-detik pilar Kereta Cepat Jakarta Bandung Roboh

 

Baca Juga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait