Pemerintah Siap Hapus Premium dan Pertalite, Wajibkan Pertamax

  • Arry
  • 23 Des 2021 18:07
SPBU Pertamina(pertamina/pertamina)

Pemerintah mengungkapkan rencana penghapusan bahan bakar minyak atau BBM RON 88 alias Premium. Tahap selanjutnya, pemerintah juga akan menghapus BBM RON 90 alias Pertelite.

Dengan dihapuskannya Premium dan Pertalite, maka pemilik kendaraan bermotor akan menggunakan BBM dengan RON di atas 91 seperti Pertamax. Hal ini lantaran Pertamax labih ramah lingkungan.

"Kita memasuki masa transisi di mana premium RON 88 akan digantikan dengan Pertalite RON 90, sebelum akhirnya kita akan menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan," kata Direktur Pembinaan Usaha Hilir Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Soerjaningsih, Kamis, 23 Desember 2021.

Menurut Soerjaningsih, BBM Premium saat ini hanya digunakan tujuh negara saja. Volume pemakaian pun sangat kecil seiring dengan kesadaran dari masyarakat menggunakan bahan bakar dengan kualitas lebih baik.

Untuk mempermudah penghapusan Premium dan Pertalite, pemerintah sedang menyusun roadmap BBM ramah lingkungan.

"Dengan roadmap ini, ada tata waktu di mana nantinya kita akan menggunakan BBM ramah lingkungan. Ada masa di mana Pertalite harusdry, harusshifting dari Pertalite ke Pertamax," ujarnya.

Selain itu, pemerintah juga akan berusaha meredam gejolak yang akan timbul di masyarakat terkait penghapusan Premium dan Pertalite ke Pertamax.

 

Artikel lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait