Mengenal Mbah Minto, YouTuber 'Gagal Mudik' yang Meninggal Dunia

  • Arry
  • 23 Des 2021 12:48
Mbah Minto YouTuber 'Gagal Mudik' meninggal dunia(Ucup Klaten/youtube)

Mbah Minto, YouTuber yang viral dari konten Gagal Mudik, meninggal dunia di usia 85 tahun. Nenek bernama lengkap Minto Suwito Siyam ini meninggal setelah sempat dirawat di Rumah Sakit Islam Klaten, Jawa Tengah.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo sampai mengirimkan belasungkawa terhadap mbah Minto yang meninggal dunia pada 22 Desember 2021 pukul 21.00 WIB.

Siapa mbah Minto? Berikut profilnya

Mbah Minto adalah warga Dusun Selorejo, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Klaten, Jawa Tengah. Dia bekerja serabutan sebagai tukang bersih-bersih rumah atau pijat keliling tetangga.

Baca Juga
Mbah Minto YouTuber 'Gagal Mudik' Meninggal Dunia di Usia 85 Tahun

Nasibnya berubah 180 derajat saat dia diundang YouTuber Ucup Klaten di vlognya. Awalnya mbah Minto hanya dibayar Rp20 ribu setiap membintangi Vlog YouTube Ucup Klaten.

Namun, namanya kemudian melonjak drastis setelah Vlognya berjudul Gagal Mudik meledak di media sosial. Dalam video itu, mbah Minto melarang anak-anaknya mudik ke Klaten di masa pandemi Covid-19..

Mbah Minto meminta agar anaknya tidak mudik karena bisa membawa virus. Dia meminta agar duit anaknya saja yang mudik ke Klaten.

"Kowe mulih malah nggawa virus, ra mesakake simbokmu iki? Rasah mulih le, sing penting dhuwite mulih," kata mbah Minto dalam video tersebut.

Video parodi tersebut tayang di akun YouTube Ucup Klaten dan Instagram ucup_jbs Klaten. Video itu sudah ditonton lebih dari 1,1 juta kali.

Bayaran Mbah Minto pun disebut-sebut langsung melonjak menjadi sekitar Rp200 ribu hingga Rp300 ribu untuk setiap konten yang dihasilkan.

Sejak saat itu, Mbah Minta sering diundang oleh tokoh publik. Seperti Bupati Klaten, Sri Mulyani, hingga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Mbah Minto pun juga memiliki Instagram official dengan nama akun @simbok_minto. Akun ini dikelola Ucup Klaten.

Sugeng tindak Mbah Minto.

 

Artikel lainnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait