Menguak Riwayat Giring PSI Kuliah di Paramadina Hingga DO di Era Rektor Anies

  • Arry
  • 30 Des 2021 12:41
Ketua Umum PSI Giring Ganesha Djumaryo(@giring/instagram)

Giring Ganesha Djumaryo, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia atau PSI, disebut dikeluarkan atau drop out alias DO dari Universitas Paramadina saat Anies Baswedan masih menjadi rektornya.

Direktur Akademik Universitas Paramadina, Aris Subagjo, menjelaskan, Giring dua kali di-DO dari Universitas Paramadina. Giring pertama kali di-DO pada 2011 dan kedua pada 2017.

"DO pertama dan kedua Giring karena ia tidak aktif di beberapa semester. Mungkin yang DO pertama dia sibuk band. Tapi untuk alasan pribadinya saya tidak pernah tahu. Yang jelas tercatat di universitas ia tidak aktif selama beberapa semester berturut-turut," kata Aris.

Giring mengakui dirinya pernah kuliah di Universitas Paramadina. Saat masuk, Paramadina dipimpin Dr Nurcholis Madjid alias Cak Nur.

"Saya Giring, saya bangga pernah kuliah di Universitas Paramadina," kata Giring membuka video yang diunggah di akun Instagramnya, dikutip Kamis, 30 Desember 2021.

"Di kampus Paramadina, saya tidak pernah bertemu langsung dengan Mas Anies, setelah saya masuk, rektor kami saat itu adalah almarhum Dr Nurcholish Madjid atau Cak Nur. Dan ketika Cak Nur wafat, saya sempat mengantarkan beliau ke pemakaman," ujar bekas vokalis Nidji itu.

Giring diketahui pertama kali masuk Universitas Paramadina pada 2002. Saat itu dia memilih jurusan Hubungan Internasional.

Sedangkan Cak Nur menjabat rektor Paramadina hingga 2005 atau saat dia meninggal dunia. Posisi Cak Nur yang meninggal dunia pada 29 Agustus 2005, digantikan oleh Sohibul Iman.

Pernyataan Giring Ganesha soal di-DO dari Universitas Paramadina

Giring mengakui dia tidak aktif sebagai mahasiswa lantaran fokus berkarier dalam dunia musik saat membentuk band Nidji.

"Setelah berjalan beberapa semester, ternyata saya dihadapkan pad dua pilihan, melanjutkan kuliah atau membangun karier di industri musik, kemudian saya memilih untuk membangun mimpi saya di karier industri musik," ujarnya.

Giring mengaku lenih memilih mencari nafkah dengan bermain musik agar bisa hidup tidak bergantung dengan ibunya yang sudah berstatus single parent sejak 1998.

"Jadi ketika mas Anies jadi rektor, saya sudah tak aktif lagi di kampus, dan saya fokus membangun Nidji waktu itu. Alhamdulillah Nidji menjadi salah satu band terkemuka di Indonesia, lagu kami diterima dan secara fisansisal kami mendapat rezeki yang lumayan, saya berangkat haji ke Makkah bersama ibu," kata Giring.

Anies Baswedan diketahui menjabat sebagai Rektor Universitas Paramadina pada 2007 hingga 2015. Anies tidak lagi menjabat rektor setelah ditunjuk sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan era Presiden Joko Widodo. Sedangkan Nidji dikeluarkan pada 2011.


Selanjutnya riwayat kuliah Giring PSI di Universitas Paramadina >>>

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait