Kronologi Kecelakaan Maut Truk Tronton Tabrak Belasan Kendaraan di Balikpapan

  • Arry
  • 21 Jan 2022 10:31
Ilustrasi kecelakaan(@photochur/pixabay)

Sebuah kecelakaan maut terjadi di lampu merah Muara Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur. Sebuah truk tronton menabrak belasan kendaraan. Data sementara, lima orang meninggal dunia dan empat orang luka berat.

Berdasarkan data dari Dumas Dirlantas Polda Kaltim, kronologi kecelakaan ini terjadi pada Jumat, 21 Januari 2022 pukul 06.15 Wita.

Kecelakaan berawal saat truk tronton bernopol KT 8534 AJ yang dikendarai Muhammad Ali, warga Tanjungpura, Balikpapan, keluar dari pangkalannya di Karang Joang, Balikpapan Utara.

Tronton bermuatan konteiner 20 kaki yang berisikan kapur pembersih air dengan berat 20 ton. Muatan akan diantar ke Kampung Baru, Balikpapan Barat.

Sesampainya di depan Rajawali Foto Km 0,5, sopir tronton sudah mulai mengurangi Porsneling dari 4-3. Namun, sesampainya di depan Bank Mandiri, rem tidak berfungsi.

Baca Juga
Innalillahi, Kecelakaan Maut Balikpapan: Tronton Tabrak Belasan Kendaraan, 5 Tewas

Truk tronton melaju dan menabrak belasan kendaraan yang sedang berhenti karena lampu lalu lintas di pertigaan Muara Rapak sedang berwarna merah.

Berdasarkan data sementara, lima orang meninggal dunia. Sebanyak empat orang mengalami luka berat, dan pengendara yang luka ringan belum terdata. Seluruh korban sementara dibawa ke RSU Khanujoso, RSU Beriman.

Tabrakan melibatkan 6 kendaraan roda empat, 2 unit angkot, 2 unit mobil pribadi, 2 unit pick up, dan 14 unit motor. Akibat kecelakaan itu, 1 lampu merah roboh dan pagar pembatas jalan rusak.

"Hasil investigasi petugas di lapangan sementara, dimulai karena adanya truk tronton yang remnya blong," kata Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Yusuf Sutejo saat dikonfirmasi.

 

Artikel lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait