Kemenlu Pastikan 6 WNI Selamat dari Tsunami Tonga

  • Arry
  • 20 Jan 2022 23:32
Foto Satelit letusan Gunung Hunga Tonga-Hunga Ha'apai yang berada di Samudera Pasifik(Japan Meteorology Agency/Japan Meteorology Agency)

Nasib enam WNI di Tonga usai letusan Gunung Hunga Tonga-Hunga Ha'apai yang berujung tsunami akhirnya dapat diketahui. Mereka semuanya selamat.

"Alhamdulillah kabar baik, bahwa para WNI di Tonga bisa kita hubungi dan pastikan kondisinya selamat," kata Direktur Pelindungan Warga Negara Indonesia Kementerian Luar Negeri, Judha Nugraha, di Jakarta, Kamis, 20 Januari 2022.

"Kontak telah kami lakukan dengan KBRI Wellingon yang menyatakan bahwa WNI di Tonga selamat."

Baca Juga
Tsunami Akibat Letusan Gunung Hunga Tonga Sampai di Jepang dan Amerika Serikat

"Ada tambahan 1 WNI total 6 orang di sana. Terdiri dari tiga orang yang berstatus sebagai ABK, satu orang menetap (pihak Kemlu RI), dan dua orang masih kita dalami."

"Catatan, tambahan satu WNI ini merupakan wakeup call pentingnya pendataan bagi kita.'

"Selama ini hanya ada 5 WNI yang dicatat KBRI. Kami juga memberi imbauan pada warga Indonesia yang mengetahui ada keluarga tinggal di Tonga untuk bisa mengubungi hotline KBRI Wellington," ujarnya.

Baca Juga
VIDEO: Tsunami Hantam Tonga Akibat Letusan Gunung Api Bawah Laut

Tsunami menerjang negara Tonga usai Gunung Hunga Tonga-Hunga Ha'apai yang berada di bawah laut meletus pada Sabtu, 15 Januari 2022. Letusan Gunung Hunga Tonga itu mengakibatkan gelombang tsunami di Ibu Kota Tonga, Nuku’alofa. Bencana ini menyebabkan lumpuhnya sistem komunikasi di negara yang berada di kawasan Samudera Pasifik itu.

Gelombang tsunami akibat letusan Gunung Hunga Tonga ini tak hanya menerjang Tonga. Tapi juga sampai ke wilayah Jepang, Amerika Serikat, Selandia Baru, hingga wilayah Amerika Tengah.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait