Gempa 6,2 M Guncang Maluku Barat Daya, Tak Berpotensi Tsunami

  • Arry
  • 2 Feb 2022 10:26
Ilustrasi Gempa Bumi(@psc631798/pixabay.com)

Gempa berkekuatan magnitudo 6,2 mengguncang wilayah Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku. Gempa terjadi pada Rabu, 2 Februari 2022 pukul 04.25 WIT.

BMKG mencatat lokasi gempa berada pada 86 kilometer timur laut Maluku Barat Daya dengan kedalaman 131 kilometer. Meski kekuatan gempa besar, namun tidak berpotensi tsunammi.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Maluku Barat Daya menyebutkan guncangan dirasakan selama 3 hingga 5 detik. Meski demikian, masyarakat tidak mengalami kepanikan. BPBD juga belum mendapat laporan dampak kerusakan akibat gempa tersebut.

Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, menjelaskan, Kabupaten Maluku Barat Daya merupakan wilayah yang rawan terhadap dampak bahaya gempa bumi. Menurut kajian inaRISK, sebanyak 17 kecamatan berada pada potensi bahaya gempa bumi dengan kategori sedang hingga tinggi.

Dilihat dari risikonya, sejumlah 71.955 jiwa yang tersebar pada 17 kecamatan di wilayah itu berpotensi terdampak gempa.

BNPB mengimbau kepada masyarakat tetap waspada dan siap siaga. Saat gempa warga dapat berlindung di bawah perabot yang kuat dengan melakukan drop, cover and hold on atau evakuasi dengan aman keluar bangunan.

Identifikasi terlebih dahulu di lingkup keluarga, langkah-langkah penyelamatan saat gempa terjadi. Apabila gempa memicu terjadinya tsunami, warga dapat segera evakuasi menuju ke tempat yang lebih tinggi.

 

Baca Juga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait