Susi Air Tempuh Jalur Hukum Usai Diusir dari Hanggar Bandara Malinau, Ini Perkaranya

  • Arry
  • 5 Feb 2022 16:25
Pesawat Susi Air milik Susi Pudjiastuti dikeluarkan paksa dari hanggar Bandara Malinau Kalimantan Utara oleh Satpol PP(@susipudjiastuti/twitter)

Donal Fariz juga mengungkapkan, Susi Air berpotensi merugi hingga Rp8,9 miliar akibat pengusiran tersebut. "Kami menilai ada beberapa kerugian yang ditimbulkan karena adanya kejadian (pengusiran paksa pesawat) kemarin itu," kata Donal.

Kerugian terjadi seperti proses maintenance yang sedang dilakukan di hanggar menjadi terganggu. Hal ini pun menimbulkan permasalahan baru yakni adanya potensi pembatalan jadwal penerbangan.

"Pembatalan jadwal (penerbangan) terjadi karena kemudian hanggar merupakan tempat perawatan pesawat, baik untuk yang 100 jam dan 200 jam," ujarnya.

Baca Juga
Susi Air Mengaku Rugi Rp8,9 Miliar Usai Diusir dari Hanggar Bandara Malinau

"Karena kita ini bicara soal risiko penerbangan ya," kata Donal.

Kerugian lainnya yang timbul adalah biaya tambahan untuk pemindahan alat dan pesawat tanpa mesin dari hanggar tersebut.

"Kemudian kami harus bayar ekstra pilot dan cancel jadwal. Kalau memindahkan alat tersebut, kami menyewa heli untuk mengangkat sejumlah pesawat tanpa mesin," ujar Donal.

"Dengan adanya itu semua, cost yang kami hitung itu mencapai sekitar Rp8,9 miliar. Itu hasil hitungan dari bagian operasional Susi Air," ujarnya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait