Pemerintah Bolehkan Halalbihalal, tapi Tidak Boleh Makan Minum

  • Arry
  • 19 Apr 2022 06:43
Ilustrasi halalbihalal(ist/ist)

Pemerintah menyampaikan agar warga yang menggelar halalbihalal saat Lebaran 2022 atau Hari Raya Idulfitri, tidak dibarengi dengan kegiatan makan dan minum.

Hal tersebut diungkapkan Airlangga Hartarto, selaku Koordinator PPKM Luar Jawa-Bali sekaligus Menteri Koordinator Perekonomian.

"Kemudian Bapak Presiden juga memberikan catatan terkait dengan kegiatan-kegiatan menjelang halalbihalal nanti, terutama untuk kegiatan halalbihalal diselenggarakan dengan protokol kesehatan dan diimbau untuk tidak ada makan minum," kata Airlangga dalam konferensi pers hasil rapat terbatas PPKM yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, dilihat Selasa, 19 April 2022.

Menurut Airlangga, hal tersebut bersifat imbauan. Namun, jika ada kegiatan makan dan minum saat halalbihalal, sebaiknya harus dilakukan dengan menjaga jarak.

Baca Juga
Satgas: Warga Boleh Bukber Tapi Tak Boleh Ngobrol

"Dan makan minum pun harus sesuai dengan jarak dan tempat," kata Airlangga.

Selain itu, Airlangga mengingatkan soal kegiatan yang dilakukan di tempat hiburan maupun keramaian. Menurutnya, seluruh kegiatan harus menerapkan protokol kesehatan.

"Kemudian juga terkait kegiatan yang di tempat hiburan ataupun di tempat keramaian ini dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan dan juga sesuai dengan kapasitas," ujar Airlangga.

Menurut Airlangga, aturan-aturan ini nantinya akan dimasukkan dalam instruksi menteri dalam negeri (Inmendagri).

"Tentu kegiatan ini nanti akan dituangkan dalam instruksi menteri dalam negeri," ujarnya.

 

Artikel lainnya

Berita Terkait