Pintu Bagasi Terbuka Saat Pesawat Siap Take-Off, Ini Penjelasan Garuda Indonesia

  • Arry
  • 28 Apr 2022 11:35
Pintu bagasi Garuda Indonesia masih terbuka saat pesawat hendak lepas landas(@wirandhika_25/twitter)

Menurutnya, peristiwa itu terjadi pada Rabu 27 April 2022 sekitar pukul 11.25 WIB. Pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 309 itu memiliki rute Surabaya-Jakarta.

"Garuda Indonesia saat ini tengah melakukan pemeriksaan lanjutan atas temuan kondisi pintu kompartemen kargo pada pesawat penerbangan GA 309 Rute Surabaya-Jakarta yang diketahui belum sepenuhnya tertutup ketika pesawat akan didorong mundur dari posisi parkirnya (push back) menuju area landasan (taxiway) sebelum lepas landas di Bandara Internasional Juanda, Surabaya," ujar Irfan kepada wartawan, Kamis, 28 April 2022.

Irfan menjelaskan, saat itu pesawat telah melakukan prosedur boarding secara normal dan sesuai dengan standar operasional yang berlaku. Namun, saat pesawat bersiap pushback, petugas Avsec melihat terdapat pintu kargo yang belum tertutup sempurna.

"Kondisi tersebut juga terlihat oleh Pilot melalui indikator di cockpit yang kembali menyala dan menunjukkan kompartemen pintu kargo yang belum tertutup rapat. Hal tersebut kemudian diteruskan kepada petugas ramp check dan ground handling untuk selanjutnya dilakukan penutupan pintu kompartemen kargo pesawat sesuai dengan prosedur yang berlaku," jelasnya.

"Atas temuan ini, Garuda Indonesia tengah melakukan koordinasi dan evaluasi lebih lanjut secara internal maupun bersama stakeholders layanan kebandarudaraan terkait, guna mengoptimalkan langkah dan upaya corrective action untuk mencegah peristiwa serupa terulang kembali," katanya.

Irfan menjelaskan, pesawat GA 309 telah mendarat dengan selamat di Bandara Soekarno Hatta pada pukul 13.20 WIB di hari yang sama.

"Tentunya peristiwa ini menjadi evaluasi dan catatan penting bagi kami dalam memastikan tata kelola safety pada seluruh lini operasi berjalan dengan maksimal melalui berbagai inisiatif perbaikan layanan yang akan terus kami optimalkan ke depannya," tutup Irfan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait