Adik Gus Dur, Lily Wahid Keluhkan Nyeri Dada Sebelum Meninggal Dunia

  • Arry
  • 10 Mei 2022 07:00
Lily Wahid, adik kandung Gus Dur, meninggal dunia(pcnu/pcnusumenep.or.id)

Lily Wahid meninggal dunia. Adik bungsu mantan Presiden ke-4 Indonesia, Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, itu meninggal pada Senin, 9 Mei 2022 di RSCM Jakarta.

Sebelum meninggal dunia, Lily Wahid sempat menjalani perawatan sejak 23 April 2022. Saat itu dia mengeluhkan nyeri pada dadanya.

Kakak Lily Wahid, Umar Wahid alias Gus Umar, menjelaskan kronologi adiknya dari dirawat hingga meninggal dunia. Keterangan ini diterima Newscast.id dari putranya, Firry Wahid.

Pada 23 April 2022, Lily Wahid sempat dirawat di RS Jakarta Heart Centre karena chest pain alias nyeri dada. Kemudian pada 24 April, dilakukan pemasangan stent di pembuluh darah jantung, kondisi baik.

Baca juga
Innalillahi, Adik Gus Dur Lily Wahid Meninggal Dunia

"Pada 25 April mulai timbul keluhan, yang bisa datasi kemudian timbul kembali," jelas Gus Umar.

Kemudian pada 4 Mei, Lily Wahid dirujuk ke RSCM dengan pertimbangan memiliki dokter dan peralatan yang lebih lengkap. "Dokter yang merawat ibu Lily Wahid (di RS Jakarta Heart Center) tetap ikut merawat karena mereka juga bertugas di RSCM," jelasnya.

Menurut Gus Umar, kondisi Lily Wahid menurun pada 7 Mei 2022. "Sekitar pukul 11.00, timbul gejala yang mengarah terjadinya stroke. Dilakukan pemeriksaan yang diperlukan. Kesimpulan terjadi stroke yang disebabkan terbentuknya thrombus pada pembuluh darah di otak," ujarnya.

Lily Wahid pun menjalani operasi pada 7 Mei malam.

Namun, kondisinya terus menurun. Dan pada Senin, 9 Mei, Lily Wahid meninggal dunia.

"Telah berpulang ke Rahamatullah Ibu Nyai Hj Lily Khodijah Wahid binti KH A Wahid Hasyim pada hari Senin, 9 Mei 2022 pukul 16.28 di RSCM Jakarta," kata keponakan Lily Wahid, Firry Wahid.

Jenazah Lily Wahid disemayamkan di West Covina Blok SH 6/31, Kota Wisata Cibubur, Bogor. Rencananya jenazah akan dimakamkan di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, pada Selasa 10 Mei 2022.

"Mohon dimaafkan kesalahan Beliau semasa hidupnya. Allahummaghfirlaha warhamha wa’afiha wa’fuanha," kata Firry.

 

Artikel lainnya

Berita Terkait