Kilang Minyak Pertamina Balikpapan Terbakar dan Tewaskan 1 Orang, Ini Kronologinya

  • Arry
  • 16 Mei 2022 11:00
Kilang Minyak Pertamina Balikpapan terbakar(ist/ist)

Kilang minyak Pertamina kembali terbakar. Kali ini yang terbakar Kilang Minyak Balikpapan, Kalimantan Timur. Satu orang tewas dan lima lainnya luka-luka dalam kebakaran yang terjadi pada Ahad, 15 Mei 2022.

General Manager (GM) Kilang Pertamina Balikpapan Wahyu Sulistyo Wibowo menjelaskan, kebakaran terjadi sekitar pukul 10.30 Wita. Saat itu, sempat terdengar suara ledakan hingga radius 2 kilometer dari lokasi.

Akibat kebakaran itu, satu orang meninggal dunia dan lima orang mengalami luka-luka. Dari lima korban luka, 3 orang adalah karyawan Pertamina dan 2 karyawan kontraktor.

Menurutu Wahyu, tiga karyawan Pertamina yang menderita luka bakar sudah dirawat di RS Pertamina Balikpapan. Sedangkan dua korban luka lainnya sudah diperbolehkan pulang setelah mendapat perawatan di rumah sakit.

"Korban meninggal dunia merupakan karyawan kontraktor kami," kata General Manager (GM) Kilang Pertamina Balikpapan Wahyu Sulistyo Wibowo pada Ahad malam.

"Kami sangat berduka dan menyampaikan rasa berbelasungkawa yang mendalam pada keluarga korban," lanjut GM Wahyu.

Humas Kilang Pertamina Balikpapan, Ely Chandra Peranginangin, menjelaskan, kebakaran berasal dari Plant 5 Unit Hydro Skimming Complex. Unit ini mengolah bahan baku produk pertalite dan pertamax.

Menurutnya api sudah dapat dikuasai oleh tim pemadam kilang sekitar pukul 11.30 Wita. "Saat ini untuk sementara operasional Plant 5 kami hentikan," kata Chandra.

Ia meneruskan, saat ini juga Pertamina melakukan upaya pemulihan operasional Kilang Balikpapan agar segera kembali maksimal.

Karena itu, untuk sementara waktu, alih suplai juga sedang untuk memastikan tidak ada gangguan suplai BBM kepada masyarakat.

 

Artikel lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait