Biaya Tes PCR Covid di Indonesia Mahal? Ini Harganya di Negara Lain

  • Arry
  • 13 Agt 2021 15:07
Ilustrasi Tes Covid-19(@Kollinger/pixabay)

Biaya tes polymerase chain reaction atau PCR di Indonesia dinilai cukup mahal. Apalagi jika dibandingkan dengan India yang harganya tak sampai Rp100 ribu.

Sejumlah pihak menyoroti soal harga tes PCR ini. Salah satunya dikeluhkan oleh dokter Tompi.

“Harga PCR atau swab harus semurah-murahnya!!! Negara harus hadir memastikan ini. Kenapa negara lain bisa lebih murah dari kita saat ini? Bukankah beli bayam 100 selalu lebih murah dari beli bayam 10. Ayolah Bisa! Mohon kendalinya Pak @Jokowi,” tulis Tompi di akun Twitternya @dr_tompi.

Keluhan dr Tompi soal harga Tes PCR di Indonesia (Twitter @dr_tompi)

Kementerian Kesehatan menegaskan, pemerintah telah menetapkan harga tertinggi tes PCR sebesar Rp900 ribu. Harga ini sudah dikonsultasikan ke sejumlah pihak.

“Pada waktu penetapan SE PCR tentunya sudah dilakukan konsultasi dengan berbagai pihak terkait termasuk auditor, jadi Kemkes tidak melakukan penetapan sendiri sama seperti penetapan harga eceran tertinggi (HET) obat,” kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes Siti Nadia Tarmizi, dilansir dari detik.com, Jumat (13/8/2021).

Jika dibanding dengan di India memang beda jauh. India sendiri baru saja memangkas harga tes PCR untuk virus Covid-19.

Dilansir dari India Today, Kamis (12/8), harga tes PCR di India turun dari 800 rupee atau sekitar Rp 150 ribu menjadi 500 rupee atau Rp 96 ribu berdasarkan kurs hari ini.

Berapa harga tes PCR di negara lain? >>>

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait