Reshuffle: Ketum PAN, Eks Panglima TNI, Kader PSI Masuk Kabinet? Siapa Tergusur?

  • Arry
  • 15 Jun 2022 08:42
Kabinet Indonesia Maju(humas/setneg.go.id)

Presiden Joko Widodo disebut bakal merombak kabinetnya. Pengumuman reshuffle kabinet itu bakal dilakukan pada Rabu, 15 Juni 2022.

Indikasi Presiden Jokowi bakal merombak kabinetnya terlihat saat dia memanggil sejumlah tokoh dan menteri untuk hadir di Istana Negara pada Selasa, 14 Juni. Selain itu, rencana reshuffle kabinet ini juga bertepatan dengan Rabu Pahing.

Sejumlah menteri yang dipanggil ke Istana mulai dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Perdagangan M Lutfi, Menteri Agraria dan Tata Ruang / Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil, serta Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional Surya Tjandra.

Namun pertemuan dengan Prabowo disebut terkait dengan posisinya sebagai Ketua Umum Partai Gerindra. Karena, Jokowi juga telah bertemu dengan Ketum NasDem Surya Paloh, hingga Ketum PAN Zulkifli Hasan.

Selain itu, Jokowi juga memanggil mantan Panglima TNI Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto, hingga Sekretaris Dewan Pertimbangan DPP PSI Raja Juli Antoni.

Baca juga
Reshuffle Kabinet Rabu 15 Juni: Prabowo Hingga Mantan Panglima Dipanggil Jokowi

Lalu siapa saja menteri yang bakal ditendang maupun digeser?

Berdasarkan informasi yang diterima Newscast.id, ada lima menteri yang bakal diganti. Mereka adalah Menteri BUMN, Menteri ATR/BPN, Menteri Perdagangan, Menteri Pertanian, dan Menteri Perhubungan.

Posisi Lutfi sebagai Menteri Perdagangan rawan dicopot. Hal ini menyusul dengan krisis minyak goreng beberapa waktu lalu. Dia disebut bakal diganti kader NasDem, Enggartiasto Lukita. Enggar sebelumnya pernah menjabat sebagai Mendag pada 2016-2019.

Sementara itu posisi Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo juga bakal terkena imbas. Posisi Menteri Pertanian bakal diisi kader Gerindra atau PDI Perjuangan.

Sementara itu, Hadi Tjahjanto disebut-sebut bakal mengisi kursi Kepala Staf Kepresidenan. Dia akan menggantikan Moeldoko.

Selain pengisian posisi menteri, reshuffle kali ini juga akan menambah personel di kabinet. Yakni mengisi kursi wakil menteri.

Saat ini ada 10 posisi wamen yang masih belum dihuni. Yakni Wakil Menteri Sosial, Wakil Menteri ESDM, Wakil Menteri Investasi, Wakil Menteri PPN/Wakil Kepala Bappenas, Wakil MenPAN-RB, Wakil Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Wakil Menteri Koperasi dan UKM, Wakil Menteri Perindustrian, Wakil Menteri Ketenagakerjaan, Wakil Menteri Dalam Negeri.

 

Artikel lainnya

 

Berita Terkait