Menang 7-0 Atas Nepal, Indonesia Lolos Piala Asia 2023

  • Arry
  • 15 Jun 2022 05:43
Kualifikasi Piala Asia 2023: Indonesia vs Nepal 7-0, Garuda berhasil lolos ke Piala Asia (afc/afc.com)

Timnas Indonesia pesta gol saat menghadapi Nepal dengan skor 7-0. Dengan kemenangan ini, skuat Garuda memastikan diri lolos ke Piala Asia 2023.

Duel Indonesia vs Nepal terjadi di Kualifikasi Piala Asia 2023 yang digelar di Jaber Al-Ahmad International Stadium, Rabu, 15 Juni 2022 dini hari WIB.

Di babak pertama, Indonesia mencetak dua gol. Dan di babak kedua, Witan Sulaeman Cs menambah lima gol lagi.

Witan Sulaeman mencetak brace dua gol. Lima gol lain disumbang Dimas Drajad, Fachruddin Aryanto, Saddil Ramdani, Elkan Baggott, dan Marselino Ferdinan.

Hasil ini membuat Indonesia finis di peringkat dua Grup A. Indonesia lolos ke Piala Asia 2023 setelah mendapat tiket dari jatah runner up terbaik.

Terakhir kali Indonesia lolos ke Piala Asia terjadi pada 2007. Saat itu Indonesia lolos lewat jalur tuan rumah bersama dengan negara Asia Tenggara lainnya.

Jalannya pertandingan

Indonesia sudah mencetak gol saat pertandingan baru berjalan enam menit. Dimas Drajad membobol gawang Nepal yang dikawal Deep Karki usai menerima umpan lambung Asnawi Mangkualam.

Pada menit ke-20, Indonesia mendapat peluang lewat Witan Sulaeman. Namun tendangannya terlalu lemah dan bisa diamankan kiper.

Nepal harus bermain 10 orang di menit ke-32. Wasit memberikan kartu kuning kedua untuk Suman Aryal yang telah melanggar Asnawi.

Unggul jumlah pemain membuat Indonesia tampil lebih leluasa. Dua peluang didapat Ricky Kambuaya dan Pratama Arhan terbuang saat bola melebar dari gawang.

Indonesia menggandakan keunggulan di menit ke-43 melalui Witan Sulaeman. Gol tercipta usai kerjasama ciamik dengan Asnawi dan Dimas Drajad.

Di penghujung babak pertama, Indonesia nyaris memperlebar keunggulan. Namun, tendangan Dimas Drajad masih melebar di sisi gawang. Babak pertama Indonesia vs Nepal berakhir dengan skor 2-0.

Di babak kedua, Indonesia terus mendominasi permainan. Pada menit ke-53, Fachruddin Aryanto menyambar bola sepak pojok untuk membawa Indonesia unggul 3-0.

Saddil Ramdani menambah keunggulan Indonesia satu menit kemudian. Saddil menjebol gawang Nepal usai mendapat umpan dari M Rafli. Indonesia vs Nepal 4-0.

Rafli kemudian mendapat peluang di menit ke-58, namun dia tidak dapat memanfaatkan kemelut yang terjadi di depan gawang Nepal.

Di menit ke-79, Elkan Baggott menambah derita Nepal. Sepakannya dari luar kotak penalti membuat Indonesia unggul 5-0.

Satu menit kemudian, Witan menambah gol bagi Indonesia usai memanfaatkan kesalahan pemain Nepal. Dan akhirnya Marselino Ferdinan mencetak gol ke-7 Indonesia di menit ke-89.

Indonesia pun menang 7-0. Kemenangan ini membuat Indonesia finis di peringkat runner up Grup A dengan mengoleksi enam poin. Indonesia menang dua kali atas Kuwait dan Nepal, serta kalah dari Yordania.

Di peringkat pertama ditempati Yordania yang mengoleksi nilai 9. Di pertandingan terakhir, Yordania menang 3-0 atas Kuwait.

Indonesia lolos ke Piala Asia melalui jalur runner up terbaik. Indonesia berada di peringkat lima dan berhak menyegel tiket ke Piala Asia 2023.

 

Artikel lainnya

 

Berita Terkait