Gempa Dahsyat Guncang Afghanistan, 950 Orang Tewas

  • Arry
  • 22 Jun 2022 20:53
Gempa Afghanistan, ribuan orang terdampak dan ratusan tewas(aa.com/aa.com.tr)

Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 6,1 mengguncang wilayah Afghanistan. Akibat gempa dahsyat ini, ratusan orang tewas dan lebih dari 600 orang mengalami luka-luka.

Gempa dahsyat ini terjadi pada Rabu, 22 Juni 2022. Gempa berpusat di 44 kilometer sebelah tenggara kota Khost, dekat perbatasan Pakistan. Gempa ini disebut sebagai yang paling mematikan sejak 2002.

Dilansir Reuters, gempa mengakibatkan 950 warga tewas. Sementara 600 orang mengalami luka-luka.

Pejabat penanggulangan bencana Afghanistan menyatakan, jumlah korban bisa terus bertambah. Sebab, informasi dari kawasan terpencil agak tersendat.

"Jumlah korban tewas kemungkinan akan meningkat karena sejumlah desa berada di area-area terpencil di pegunungan dan akan membutuhkan waktu untuk mengumpulkan rinciannya," ucap seorang pejabat Kementerian Dalam Negeri, Salahuddin Ayubi.

Ayubbi menambahkan, sebagian besar kematian yang terkonfirmasi berasal dari Provinsi Paktika, Afghanistan bagian timur. Di sana terdapat sedikitnya 255 orang tewas dan lebih dari 200 orang lainnya mengalami luka-luka.

Sementara itu di Provinsi Khost, sedikitnya 25 orang tewas dan 90 orang lainnya dilarikan ke rumah sakit.

Dari foto-foto yang dirilis media lokal Afganistan, gempa membuat rumah-rumah warga hancur menjadi puing. Mayat-mayat korban pun bergeletakan di atas tanah.

Sementara itu, pihak medis juga berupaya mengirimkan bantuan kepada korban dengan menggunakan helikopter.

 

Artikel lainnya

 

Berita Terkait