Sosok Sunny Tanuwijaya: Sahabat Ahok, Dirikan PSI, Kini Dukung Anies Baswedan

  • Arry
  • 30 Jun 2022 09:05
Sunny Tanuwidjaja, orang dekat Ahok dan Pendiri PSI yang membelot mendukung Anies Baswedan(ist/ist)

Nama Sunny Tanuwidjaja kembali mencuat. Sosok yang dikenal sebagai sahabat Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok itu secara mengejutkan mundur sebagai Sekretaris Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia atau PSI.

Sunny memilih meninggalkan partai yang didirikannya itu. Sunny kini memilih untuk merapat dan mendukung Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, tokoh yang berseberangan dengan PSI.

Kabar mundurnya Sunny dikonfirmasi langsung Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie.

"Ya, bro Sunny mundur dari Sekretaris Dewan Pembina PSI sejak sekitar setahun lalu," kata Grace pada Rabu, 29 Juni 2022.

Menurutnya, saat ini posisi Sunny telah digantikan oleh Raja Juli Antoni, yang saat ini juga menjabat sebagai Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang.

Baca juga
Orang Dekat Ahok Mundur dari PSI, Sis Grace Natalie Singgung Soal Anies

"Penggantinya bro Raja Juli Antoni," ungkapnya.

Grace pun membenarkan mundurnya Sunny lantaran ingin mendukung dan membantu Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. "Iya (mundur karena ingin mendukung Anies)," ujar mantan wartawan itu.

Jalur politik Sunny ini tentu bertentangan dengan PSI, yang mengaskan sebagai partai oposisi bagi Anies Baswedan. PSI memilih jalur ini sejak jagoan mereka, Ahok, dikalahkan Anies pada Pilgub 2017.

Siapa Sunny Tanuwidjaja?

Nama Sunny ini mencuat lataran disebut sebagai orang dekat Ahok. Perkenalan Ahok dengan Sunny dimulai pada 2010, saat mantan Gubernur DKI Jakarta itu datang ke Amerika Serikat untuk mengikuti acara salah satu perkumpulan orang Indonesia di sana.

Sunny adalah anggota dari perkumpulan tersebut. Sunny juga tercatat sebagai mahasiswa S3 di Northern Illinois University. Selain itu, Sunny juga merupakan salah satu peneliti di Central for Strategic and International Studies (CSIS).

Selanjutnya >>>

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait