Jadi Hewan Kurban Favorit Pejabat Hingga Artis, Berapa Harga Sapi Limosin?

  • Arry
  • 9 Jul 2022 17:24
Sapi Limosin(duniasapi/duniasapi.com)

Sapi limosin menjadi salah satu hewan kurban yang paling dicari. Sapi jenis ini menjadi hewan kurban favorit di kalangan pejabat hingga artis.

Sapi limosin pertama kali dikembangbiakkan di daerah Limousin dan Marche, Prancis. Di Indonesia, sapi limosin betina kerap disilangkan dengan sapi jenis ongole, PO (peranakan ongole), dan brahman.

Dari persilangan yang terjadi, sapi limpo dari hasil persilangan limosin dan PO banyak digemari para peternak.

Awalnya sapi limosin lebih banyak digunakan untuk membantu aktivitas pertanian. Namuun, lama kelamaan, sapi Limosin dijadikan konsumsi masyarakat.

Sapi limosin dikenal sebagai sapi yang memiliki fisik besar dan berat. Rata-rata berat sapi liomsin disebut bisa mencapai 650 kilogram untuk sapi betina dan 1 ton untuk sapi jantan.

Baca juga
Apa itu Sapi Limosin, Hewan Kurban yang Banyak Dipilih Pejabat Hingga Artis

Selain itu, fisiknya memiliki tubuh memanjang dengan pinggul berotot. Sebagian besar sapi limosin memiliki bulu berwarna emas merah yang tersear di sebagian besar tubuhnya.

Berapa harga sapi limosin? Berdasarkan salah satu platform penjualan sapi, sapibabe.com, harga sapi limosin dibanderol dengan harga bervariasi, tergantung dari berat hewan tersebut.

Ada lima jenis sapi limosin yang mereka tawarkan yakni jenis sapi Simental, sapi Brahman, sapi Ongole, sapi Madura, dan sapi Bali.

Berikut daftar harga sapi limosin:

  • Sapi limosin tipe standard (225-350 kg), dijual dari Rp 16-24 juta
  • Sapi limosin tipe super (355-500 kg), dijual Rp 24,5-35 juta
  • Sapi limosin tipe jumbo (505-700 kg), dijual Rp 35,5-50 juta
  • Sapi limosin tipe premium (705-800 kg), dijual Rp 50,5-60 juta
  • Sapi limosin tipe Magnum (810 kg lebih) seharga Rp 65-100 juta.

Di platform lainnya, harga sapi limosin juga dibanderol dengan harga yang bervariasi. Tergantung dari ukuran dan berat.

Presiden Jokowi juga diketahui akan kurban sapi jenis limosin di Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Sapi yang diberi nama Vico itu diketahui memiliki berat 1,27 ton. Harganya Rp110 juta.

Selain itu, artis Irfan Hakim juga akan kurban sapi jenis limosin. Sapi yang diberi nama Wisanggeni itu disebut sebagai sapi terberat di Indonesia yakni lebih dari 1,3 ton. Harganya diperkirakan mencapai Rp 200 juta.

 

Artikel lainnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait