Belum Sebulan Jadi Mendag, Zulkifli Hasan Sudah Kena Semprot Jokowi Gegara Migor

  • Arry
  • 13 Jul 2022 10:18
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat membagikan Minyakita di tengah kampanye putrinya, Futri Zulya Savitri, di Lampung(ist/ist)

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan kena semprot Presiden Joko Widodo. Hal ini gegara Ketua Umum PAN itu membagikan Minyakita gratis dan meminta warga memilih putrinya, Futri Zulya Savitri.

Zulkifli Hasan alias Zulhas dilantik sebagai Menteri Perdagangan pada 15 Juni 2022. Dia menggantikan posisi M Lutfi. Tugas pertama Zulhas adalah membenahi persoalan minyak goreng atau migor yang tak kunjung selesai sejak awal 2022.

Zulhas pun mengeluarkan kebijakan Minyakita. Kebijakan mengemas minyak curah dalam kemasan lebih baik. Minyakita dibanderol Rp14 ribu per liternya.

Namun, beberapa hari lalu beredar video saat Zulhas tengah berada di sebuah acara kampanye bersama putrinya, Futri Zulya Savitri. Acara dihadiri sejumlah ibu-ibu.

Dalam video tersebut Zulhas menyatakan, ibu-ibu diperbolehkan membeli 2 liter Minyakita yang awalnya dibanderol Rp10 ribu. Namun, ternyata Zulhas justru memberi Minyakita gratis kepada ibu-ibu.

"Sepuluh ribu dapatnya? Dua liter. Uang 10 ribu sudah bawa? Uangnya dikantongin. Rp 10 ribu yang nanggung Futri. Tuh, Futri. Kasih uangnya, kasih, kasih tuh sama tuan rumah," ujar Zulhas.

"Tapi nanti milih Futri ya, oke? Kalau milih Futri, ntar 2 bulan ada deh ginian," ujar Zulhas dijawab 'oke' oleh ibu-ibu yang hadir.

Juru Bicara PAN, Viva Yoga Mauladi, menjelaskan, peristiwa itu terjadi pada acara PANsar Murah di Lampung pada 9 Juli 2022.

"Bang Zulkifli Hasan hadir selaku Ketua Umum PAN meninjau acara PAN, yaitu PANsar Murah. Di acara itu, Futri, putrinya hadir selaku pengurus DPP PAN dan calon legislatif PAN Dapil Lampung 1," kata Viva.


Disemprot Jokowi

Kegiatan Zulhas di Lampung dan membagikan Minyakita gratis langsung mendapat perhatian Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Orang nomor satu di Indonesia itu pun tak segan menegur pembantunya di Kabinet tersebut.

"Saya minta semua menteri fokus bekerja. Kalau Menteri Perdagangan ya urus yang paling penting seperti saya tugaskan kemarin, bagaimana menurunkan harga minyak goreng berada di Rp 14 ribu atau di bawah Rp 14 ribu. Paling penting itu. Tugas dari saya itu," kata Jokowi seperti dilihat dalam video yang diunggah Sekretariat Presiden.

Jokowi pun menegaskan, dia juga turun langsung ke pasar-pasar untuk memastikan harga minyak goreng curah. Jokowi pun meminta agar harga minyak goreng curah di Pulau Jawa berada di harga Rp14 ribu per liter atau di bawahnya.

 

Artikel lainnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait