Pesawat Citilink Mendarat Darurat di Bandara Juanda, Pilot Meninggal Dunia

  • Arry
  • 21 Jul 2022 13:50
Maskapai Citilink(Citilink/citilink.co.id)

Pesawat Citilink rute Surabaya-Makassar harus putar balik dan mendarat kembali di Bandara Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur. Pilot pesawat Citilink itu meninggal dunia.

Pesawat Citilink dengan nomor penerbangan QG 307 take off pada Kamis, 21 Juli 2022, pukul 06.00 WIB. Pesawat sempat 15 menit mengudara sebelum akhirnya kembali lagi ke Bandara Juanda. Citilink menyatakan, saat itu pilot mengalami darurat kesehatan.

"Penerbangan QG307 rute Surabaya ke Ujung Pandang diberangkatkan sesuai jadwal pada pukul 06.00 WIB. Setelah kurang lebih 15 menit mengudara, penerbangan tersebut kembali mendarat di Surabaya dikarenakan pilot kami mengalami darurat kesehatan," kata Direktur Utama PT Citilink Indonesia, Dewa Kadek Rai, dalam keterangan resmi.

"Pesawat tersebut telah mendarat kembali pukul 07.00 WIB di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya dengan baik dan selamat," jelasnya.

Dewa menjelaskan, petigas kesehatan di Bandara Juanda langsung menangani pilot yang mengalami darurat kesehatan. Sang pilot langsung dibawa ke rumah sakit terdekat.

"Berdasarkan hasil pemeriksaan dokter dari pihak rumah sakit setempat disampaikan bahwa pilot kami dinyatakan telah meninggal dunia," jelasnya.

"Almarhum akan diterbangkan langsung pada hari ini dari Surabaya menuju Jakarta dan jenazah akan disemayamkan di Jakarta sesuai dengan penanganan prosedur yang berlaku," ujarnya.

"Citilink senantiasa mengutamakan aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan, oleh karena itu kami selalu berupaya sejak dini dalam mengantisipasi hal-hal yang berpotensi mengganggu keselamatan dan keamanan penerbangan," Dewa menambahkan.

Dewa menjelaskan, seluruh penumpang dan kru sudah dialihkan ke pesawat pengganti. Penerbangan pengganti telah dilakukan pada pukul 10.46 WIB.

 

Artikel lainnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait