Luhut Sebut Presiden Jokowi Umumkan Kenaikan Harga Pertalite dan Solar

  • Arry
  • 19 Agt 2022 19:08
Luhut Binsar Pandjaitan(humas/setkabgoid)

Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan, pemerintah saat ini tengah menghitung untuk menaikkan harga BBM bersubsidi, yakni BBM jenis Pertalite dan Solar.

Menurutnya, Presiden Joko Widodo akan mengumumkan langsung ke publik terkait keputusan kenaikan harga Pertalite.

"Menaikkan harga Pertalite yang kita subsidi cukup banyak dan juga itu solar, modeling ekonominya (hitung-hitungan) sudah dibuat. Nanti mungkin minggu depan Pak Presiden akan umumkan mengenai apa dan bagaimana mengenai kenaikan harga ini," kata Luhut dalam Kuliah Umum di Universitas Hasanuddin yang disiarkan virtual, Jumat, 19 Agustus 2022.

"Presiden sudah indikasikan sudah tak mungkin kita pertahankan terus demikian," ujarnya.

Baca juga
Menteri Airlangga: Harga Pertalite Seharusnya Rp13.150, Pertamax Rp15.150, Akan Naik?

Menurut Luhut, harga BBM di Indonesia saat ini sangat murah dibandingkan negara lain di dunia. "Kita ini harga BBM paling murah sekawasan ini, kita jauh lebih murah dari yang lain. Itu (subsidi BBM) terlalu besar kepada APBN kita," ujarnya.

Luhut menjelaskan, pemerintah saat ini ingin menurunkan beban subsidi di bawah Rp 502 triliun. Berbagai langkah juga sudah disiapkan untuk membuat hal tersebut terlaksana.

Baca juga
Pertamina Naikkan Lagi Harga 3 Jenis BBM, Ini Rincian Lengkapnya

"Karena kemarin subsidi kita Rp 502 triliun, kita harap bisa ditekan ke bawah. Misalnya dengan pengurangan motor dan mobil combustion diganti listrik, kemudian B40," sebut Luhut.

"Kemarin saya minta tim untuk modeling inflasi kita. Inflasi itu tergantung kenaikan berapa nanti solar dan berapa Pertalite," sebut Luhut.

"Karena bagaimanapun tidak bisa dipertahankan terus demikian untuk mengurangi pressure kita karena harga crude oil naik, meskipun sekarang turun. Kita harus siap-siap," tegas Luhut.

 

Artikel lainnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait