Urutan Penerus Tahta Kerajaan Inggris Usai Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia

  • Arry
  • 9 Sep 2022 20:29
Ratu Elizabeth II(cnn/cnn.com)

Ratu Elizabeth II meninggal dunia. Penguasa Inggris itu meninggal di usia 96 tahun.

Akun media sosial Kerajaan Inggris, Tje Royal Family, mengumumkan, Ratu Elizabeth II mangkat saat dirawat di Istana Balmoral, Sekotlandia, Kamis 8 September 2022 waktu setempat atau Jumat, 9 September 2022 dini hari WIB.

Ratu Elizabeth meninggal dunia usai berkuasa selama 70 tahun. Kerajaan Inggris sudah mengumumkan Pangeran Charles akan menjadi penerus penguasa Inggris.

Charles akan mendapatkan gelar sebagai Raja Charles III. Mantan Pangeran Wales itu menjadi Raja Inggris tertua yakni berusia 73 tahun.

Baca juga
Ratu Elizabeth II Mangkat, Charles Jadi Raja Baru Inggris

Usai Raja Charles III, berikut daftar urutan pewaris tahta Raja Inggris:

1. Pangeran William

Pangeran William adalah anak dari Raja Charles III. William anak pertama Charles dari istrinya, Lady Diana. Selain William, Charles juga memiliki putra bernama Pangeran Harry.

William pun akan mendapatkan gelar baru yakni Pangeran Wales, menggantikan gelar ayahnya yang diangkat menjadi Raja Inggris.


2. Pangeran George

Pangeran George dari Cornwall dan Cambridge adalah putra pertama Pangeran William dan Kate Middleton. George lahir pada 22 Juli 2013. George pun kini naik pangkat dan bergelar Pangeran setelah ayahnya diangkat menjadi Pangeran Wales.


3. Putri Charlotte

Putri Charlotte adalah anak kedua Pangeran William. Dia lahir pada 2 Mei 2015. Charlotte pun bergelar sebagai Yang Mulia Putri Charlotte dari Cornwall dan Cambridge.


4. Pangeran Louis

Pangeran Louis adalah anak ketiga Pangeran William. Dia lagir pada 23 April 2018. Louis pun bergelar Pangeran Louis dari Cornwall dan Cambridge.


5. Pangeran Harry

Pangeran Harry yang merupakan adik dari Pangeran William ternyata hanya berada di urutan kelima sebagai calon penguasa Inggris. Harry adalah anak kedua Raja Charles III dan Diana.

Pengeran Harry bergelar Adipati Sussex telah menikah dengan artis asal Amerika Serikat, Meghan Markle. Pernikahan digelar pada 2018 di Kastil Windsor.

Dari pernikahannya ini, Harry memiliki dua anak yakni Archie Harrison dan Lilibet Diana. Nama Lilibet ini adalahnama kecil dari mendiang Ratu Elizabeth II.

Harry dan Markle sempat membuat keputusan kontroversial saat memutuskan mundur dari bangsawan Inggris. Keinginan mereka pun disambut pihak Kejaraan. Dan menetapkan Harry dan Markle sudah tidak lagi memiliki tugas kerajaan.

Demikian Urutan Penerus Tahta Kerajaan Inggris usai Ratu Elizabeth II meninggal dunia.

Artikel lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait