Peran Kakak Asuh Ferdy Sambo Terkuak: Bikin Karier Moncer Hingga Vonis Ringan

  • Arry
  • 21 Sep 2022 09:28
Irjen Ferdy Sambo, mantan Kadiv Propam Polri(tribratanews/polri.go.id)

Penasihat Kapolri, Muradi, menguak adanya sosok kakak asuh di balik kiprah mantan Kadiv Propam Polri, Ferdy Sambo.

Muradi menjelaskan, keberadaan kakak asuh itu membuat karier Ferdy Sambo moncer hingga bisa menjabat Kadiv Propam Polri.

Menurut Guru Besar politik dan keamanan dari Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung itu, kakak asuh itu yang berperan memberikan jabatan Kadiv Propam kepada Sambo pada 2019.

"Dia punya kakak asuh yang sudah pensiun yang ngasih jabatan Kadiv Propam. Karier Sambo melejit kan dari senior itu," kata Muradi dalam keterangannya.

Baca juga
Balik Lawan Irjen Ferdy Sambo, Brigjen Hendra Kurniawan Bongkar 5 Instruksi Sambo

Keberadaan kakak asuh itu, lanjut Muradi, juga membuat Ferdy Sambo tambah percaya diri menghadapi kasus pembunuhan berencana Brigadir J. Salah satunya adalah mengubah keterangan dalam Berita Acara Pemeriksaan atau BAP.

Menurut Muradi, Sambo mengubah keterangan di BAP soal keterlibatannya menembak Brigadir J. Sambo kini membantah ikut menembak ajudannya itu.

Padahal berdasarkan keterangan saksi, yakni Bripka RR dan Bharada E menyatakan Sambo ikut menembak Brigadir J di rumah dinasnya pada 8 Juli 2022. Dan hal tersebut pun terlihat dalam video rekonstruksi yang dirilis Polri.

"Jadi kalau dia enggak menembak, dia hanya menyuruh, hukumannya enggak hukuman mati. Jadi cuma 5 sampai 10 tahun," kata Muradi.


Siapa para kakak asuh Sambo?

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait