Guru Besar UGM Tewas Tergulung Ombak di Gunungkidul

  • Arry
  • 24 Sep 2022 17:56
Ilustrasi tenggelam(ist/ist)

Guru Besar Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada,Profesor Samekto Wibowo (78), tewas tergulung ombak di Pantai Pulang Sawal, Tepus, Kabupaten Gunungkidul.

Tim SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul, DI Yogyakarta, menjelaskan, korban tergulung ombak besar saat sedang foto di bawah tebing pantai.

"Korban bernama Prof Samekto Wibowo. Dari informasi tadi korban merupakan Guru Besar kedokteran UGM," kata Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II Kabupaten Gunungkidul Surisdiyanto, Sabtu, 24 September 2022.

Surisdiyanto menjelaskan kronologi peristiwa tersebut. Menurutnya, kejadian ini bermula saat Profesor Samekto dan rombongan sedang berfoto di bawah tebing pantai. Menurutnya, petugas sepat memperingatkan korban untuk menepi.

"Korban sedang berfoto bersama rombongan di bawah tebing sebelah barat Pantai Pulang Sawal. Sudah berkali-kali petugas mengimbau agar menepi, tetapi tidak dihiraukan," kata dia.

Sebuah ombak besar tiba-tiba datang dan menghantam korban yang sedang berfoto. Prof Samekto pun terseret ke tengah perairan.

"Korban mengalami pingsan dan mulut berbusa, diduga terlalu banyak minum air. Dikarenakan kondisi korban semakin melemah, korban dibawa ke Puskesmas Tepus," ujarnya.

"Korban henti napas dalam perjalanan menuju Puskesmas Tepus," jelas Surisdiyanto.

 

Artikel lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait